Sekilas Info

Prolegda 2018 Siap Dibahas, Dewan Usulkan Satu Raperda Inisiatif

SINTANG | SenentngNews.com- DPRD Kabupaten Sintang menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penetapan Program Legislasi Daerah (Prolegda) Tahun 2018 di ruang rapat paripurna.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward dan dihadiri Bupati Sintang Jarot Winarno dan wakil Bupati Sintang Askiman bersama jajaran forkorpimda dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sintang, Senin (12/3).

Dalam Rapat Paripurna tersebut, DPRD Sintang tersebut Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang mengusulkan satu rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif dewan adalah raperda tentang perlindungan dan pelestarian alam serta 14 raperda yang akan dibahas DPRD Sintang bersama eksekutif .

Adapun sejumlah raperda yang akan dibahas meliputi raperda tentang penyalahgunaan narkotika, tentang perpustakaan, penataan desa, kawasan strategis kabupaten Sintang, tentang kesbangpol, tentang penanggulangan bencana, retribusi umum, pertanggungjawaban daerah, belanja daerah, dan RAPBD 2019. Kemudian raperda usulan dewan, tentang perlindungan dan pelestarian alam.

Ketua DPRD Sintang Jefray Edward mengatakan penyampaian dalam paripurna merupakan pembentukan tahap awal agar produk hukum yang dihasilkan terencana dan sistematis. Kemudian yang disepakati akan memenuhi aspek keadilan, skala prioritas, dan unsur budaya masyarakat. Aspek demikian sangat dibutuhkan bagi daerah dalam melahirkan produk hukum.

Jefray mengatakan usulan raperda yang sudah disampaikan akan dibahas bersama antara legislatif dan eksekutif. Sebelum kemudian diputuskan untuk menjadi peraturan daerah (perda), yang disepakati dewan dan pemerintah.

Menurutnya legislatif tentu akan secara serius dalam membahas raperda yang sudah diusulkan. Terutama yang menyangkut kepentingan daerah dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Pihaknya akan mendengar masukan serta aspirasi masyarakat, karena produk hukum dihasilkan pasti berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dewan, unsur pimpinan dan seluruh fraksi atas Program Legislasi Daerah tahun 2018 yang akan dibahas bersama-sama.

Menurutnya, Prolegda 2018 dianggap penting dan strategis dalam rangka mendukung percepatan proses pembangunan Sintang ke depan.

“Terlebih diharapkan dengan Prolegda 2018 akan mampu turut mendorong upaya bersama mewujudkan keberhasilan program-program perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Sintang,” tukasnya (bny)

error: Content is protected !!