Sekilas Info

Tambah 13 BO Lagi, CUKK Bakal Punya 85 BO di Kalbar dan Kalteng

Kolase Stefanus Masiun dan Valentinus.

SINTANG – SenentangNews.com – Hingga saat ini Credit Union Keling Kumang (CUKK) sudah memiliki 72 branch office (BO). Rinciannya, 70 BO di provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dan dua BO lainnya berada di provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yaitu BO Tumbang Manjul dan BO Tumbang Kajame.

Apa pun yang dilakukan oleh sebuah lembaga raksasa di usianya yang sudah 30 tahun serta memiliki anggota lebih dari 200 ribu orang ini, selalu saja menarik untuk disimak.

Terkait rencana penambahan BO tersebut, Chief Executive Officer (CEO) CUKK Valentinus menjelaskan kepada SenentangNews.com bahwa dengan ditambah 13 BO maka jumlah BO yang dimiliki CUKK akan menjadi 85 BO.

“Itu sudah menjadi target di tahun 2024. Penambahan BO ini tidak hanya di Kalbar namun juga untuk di Kalteng termasuk di Palangkaraya,” terang Valentinus, di ruang kerjanya, Selasa (9/1/2024) siang.

Dijelaskan juga bahwa rencana penambahan 13 BO ini sudah melalui proses analisis dan pembahasan panjang bersama dewan pengurus dan pengawas. Namun hal ini baru diungkap ke publik khususnya kepada para undangan saat acara perayaan Natal Bersama Aktivis Gerakan CUKK di Tapang Sambas pada 5 Januari lalu.

“Saat BO-BO masih hanya berada di kabupaten/kota di Kalbar, izinnya hanya dari pemerintah provinsi. Sejak pengembangan hingga ke Kalteng serta operasionalnya menjadi antar provinsi, maka izinnya CUKK sudah dari pemerintah pusat, atau izin nasional,” pungkas Valentinus.

Ketua Dewan Pengurus CUKK Stefabus Masiun turut menjelaskan, bahwa dengan jangkauan layanan yang semakin luas ini maka upaya dan sinergitas dengan berbagai pihak, terutama dengan pemerintah, dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Programs) dapat semakin efektif.

Diakui mapun tidak, CUKK juga sudah turut berperan dalam membantu Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) khususnya untuk di wilayah pedalaman.

Masiun yang juga Rektor Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) ini menambahkan, sejak awal berdiri 30 tahun lalu, CUKK melalui berbagai literasi sudah menciptakan insan-insan produkktif dan insan-insan yang mampu menata ekonomi keluarga dan munculnya para interpreneur di pedalaman

Melalui Gerakan CUKK, dalam perkembangannya juga telah dan akan terus menciptakan insan-insan berpendidikan guna menyongsong Bonus Demografi dan Indonesia Emas 2045.

Diakhir perbincangan Masiun berpesan, mari kita songsong bersama Bonus Demografi dan Indonesia Emas 2024.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!