Sekilas Info

75 Tahun CU (1948-2923)

Peringati Hari CU Sedunia, 10 CU Se Kota Sintang Gelar Jalan Sehat

Usai Menjalani Rute Jalan Sehat Para Peserta Melakukan Senam Aerobik Bersama.

SINTANG | SenentangNews.com International Credit Union Day (Hari Credit Union Sedunia) tanggal. 19 Oktober 2023, untuk di Sintang diperingati dengan menggelar acara Jalan Sehat dan Senam Aerobik di lokasi bekas lapangan terbang Soesilo Sintang pada Sabtu (21/19/2023).

Rute yang dijalani adalah di sepanjang landasan pacu sepanjang 1.300 meter dilaksanakan pulang-pergi, kemudian dilanjutkan dengan senam aerobik bersama..

10 Credit Union (CU) se kota Sintang terlibat dalam acara ini; CU Usaha Kita, CU Pancur Kasih, CU Semangat Gotong Royong (Semarong), Cu Tri Tapang Kasih, CU Lantang Tipo, CU Banuri Harapan Kita (Baharta}, CU KSP Tepian Taduh, CU Semandang Jaya, CU Keling Kumang dan Kopdit CU Bina Masyarakat (Bima). Itu adalah CU-CU yang berpusat atau yang memiliki kantor cabang di kota Sintang.

Acara ini di dukung oleh Kodim 1205 Sintang, Dinas Perindusterian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kabupaten Sintang, Polsek Sintang Kota, Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang dan perusahaan para mitra CU sebagai sponsor.

Pemenang Hadiah Utama Doorprize Diapit Oleh Kabid Pasar Syamsu Ahkmad dan Kabid Perdagangan Ida Meilyyani.

Foto Bersama: Para Aktivis Perwakilan Dari 10 CU Se Kota Sintang.

Untuk membuka acara ini, Disperindagkop mengutus dua orang Kepala Bidang (Kabid), Kabid Perdagangan Ida Meilyyani yang mewakili Kepala Dinas didampingi Kabid Pasar Syamsu Ahkmad.

Ketua Panitia acara, Edi Hendi dari CU Keling Kumang melaporkan bahwa peringatan hari Credit Union ini diperingati di banyak negara di dunia pada tanggal. 19 Oktober.

“Biasanya peringatan ini dilakukan secara internal oleh masing-masing CU tanpa melibatkan pihak lain. Untuk pertama kalinya Hari CU Sedunia ini diperingati oleh semua CU se kota Sintang dengan menggelar Jalan Sehat yang melibatkan masyarakat umum.

“Pasti masih banyak kekurangan, karena ini untuk yang pertama kalinya dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat Sintang. Mudah-mudahan untuk penyelenggaraan tahun depan dapat lebih baik. Namun pemusatannya mungkin akan giliran di kabupaten lain,” kata Edi Hendi.

Edi juga mengatakan bahwa panitia telah membagikan kupon untuk doorprize sebanyak 2 ribu, ternyata itu masih kurang dan banyak yang tidak kebagian. Untuk doorprize, panitia telah menyiapkan 40 hadiah menarik.

Kabid Perdagangan Disperindaghop dan UKM Ida Meilyyani dalam sambutannya mengatakan, bahwa keberadaan CU yang berada di wilayah kabupaten Sintang membantu permodalan para pelaku UMKM di kabupaten Sintang.

Sebagaimana diketahui CU sebagai lembaga penunjang dalam permodalan sangat diperlukan, terutama bagi kalangan UMKM dalam mendapatkan pinjaman yang digunakan sebagai modal usaha yang terbatas. Maka di sinilah peran CU sebagai lembaga pembiayaan sangat dibutuhkan bagi para pelaku UMKM .

CU diperuntukan bagi setiap orang yang ingin menciptakan aset dengan cara menabung, dengan harapan hari esok akan lebih sejahtera. Kehadiran CU Terutama di daerah pedesaan sangat membantu, karena belum semua mendapatkan akses ke lembaga keuangan seperti perbankan.

“Besar harapan kami semoga dengan kegiatan ini menjadikan CU semakin dikenal di masyarakat sebagai salah satu lembaga pemberdayaan ekonomi masyarakat yang terpercaya, profesional dan yang berbasis komunitas. Atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Disperindagkop UKM, kami memberikan apresiasi atas kegiatan ini. Salam Olah Raga,” ucap Ida Meilyyani.

Chief Executive Officer CU Keling Kumang yang sempat ditemui SenentangNews menerangkan, gagasan dilaksanakannya peringatan ini semula datang dari dirinya, kemudian setelah dilakukan pembahasan dengan 10 CU, akhirnya menjadi gagasan bagi 10 CU se kota Sintang.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!