Sekilas Info

Pileg 2024, PAN Sintang Incar 6 Kursi Legislatif

SINTANG I SenentangNews.com- Pemilu legislatif tahun 2019 menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sintang. Karena itu, menyambut Pileg 2024 mendatang, PAN Sintang mulai berbenah serta siap melakukan evaluasi mulai dari tingkat bawah hingga atas.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Sintang Anton Isdianto mengatakan untuk target di tahun 2024, ia berharap masing-masing dapil satu caleg yang lolos ke parlemen. Namun untuk mencapai target yang ditetapkan memang bukan hal yang mudah.

"Insya Allah, dengan semangat dan kerja keras para kader yang ada, kita target 6 kursi di DPRD Sintang,"kata Anton Isdianto usai menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) di hotel Emerald, Selasa (29/6/2022).

Dikatakan Anton saat ini PAN Sintang telah menyelesaikan verifikasi partai untuk selanjutnya didaftarkan ke KPU sebagai partai Politik.

"Di Internal kita juga sudah melakukan verifikasi, semuanya sudah selesai. Alhamdulillah PAN Sintang sudah memenuhi syarat sebagai parpol yang ikut berkompetisi tahun 2024 mendatang," jelasnya.

Selain itu, lanjut Anton PAN Sintang juga membuka diri terhadap terhadap figur eksternal untuk bergabung agar mendongkrak elektabilitas partai.

“Tentunya melewati seleksi. Kami mengapresiasi calon potensial yang ingin bergabung dengan PAN,” tuturnya.

Dikesempatan itu Anton mengakui hingga saat ini keterwakilan perempuan di setiap dapil di Kabupaten Sintang masih kurang. Namun demikian pihaknya akan terus mencari fitur terbaik khususnya keterwakilan perempuan di Parlemen.

"Setiap Dapil kita kekurangan dua orang, tapi dengan sisa waktu yang masih cukup lama, maka kami akan bekerja keras mewujudkan itu, sehingga harapannya ada keterwakilan perempuan dari PAN di bumi senentang ini,"tutupnya.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kalbar Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan momentum Rakerda ini tentu adalah Pemilu dan Pilpres 2024. Tentu PAN perlu merapatkan barisan, pertama terkait dengan verifikasi partai politik maupun sebagai ajang konsolidasi.

"Hari ini sudah ke 11 DPD yang telah melaksanakan Rakerda di Kalbar. Jadi secara umum baik tingkat kabupaten/kota PAN sudah siap 100 persen soal pencalekan dan siap mendaftarkan diri di KPU masing-masing baik di propinsi, Kota maupun Kabupaten,"katanya.

Menurutnya berbagai hal dibahas dalam rakerda tersebut, di antaranya program kerja, persiapan menghadapi pemilu 2024.
Termasuk mengusulkan capres 2024 mendatang.

"Dari internal, kami pastikan usulan capres adalah Ketua Umum PAN, bapak Zulkifli Hasan. Untuk eksternal, kami persilakan siapa saja menurut versi kabupaten dan kota masing-masing,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!