Sekilas Info

Letkol Inf Kukuh Jabat Dandim Sintang

Sertijab Dandim 1205 Sintang di Pimpin langsung Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny di Korem Sintang

SINTANG I SenentangNews.com- Pucuk komando tertinggi di lingkungan Kodim 1205/ Sintang berganti. Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono kini resmi menjadi Komandan Kodim (Dandim) 1205/Sintang menggantikan Dandim sebelumnya, Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan.

Serah terima jabatan (sertijab) Dandim 1205/ Sintang ini dilakukan di Korem 121/Abw jalan Pangeran Kuning No 1 Sintang, Selasa, (28/9/21). sertijab tersebut dipimpin langsung Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny.

Sebelum menjabat Dandim Letkol Inf Kukuh Suharwiyono sebelumnya menjabat sebagai Danyonif Raider 641/Bru Brigif 19/Kh Kodam XII/Tpr. Selanjutnya Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mendapat jabatan baru sebagai Irdyater Itutum Itdam XII/Tpr.

Sertijab tersebut ditandai dengan penanggalan tanda jabatan dan tongkat komando, penandatanganan berita acara serah terima jabatan.
Dalam kesempatan tersebut sekaligus dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang 49 Kodim 1205 dari Ny. Retno Eko Bintara kepada Ny. Kukuh.

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, dalam amanatnya mengatakan
Kodim merupakan satuan teritorial, dimana Dandim
dituntut harus mampu mewujudkan ketahanan wilayah serta mampu melaksanakan tugas-tugas pembinaan teritorial.

Selain itu, keberadaan satuan teritorial harus dapat mendukung pemerintah daerah didalam mewujudkan percepatan pembangunan wilayah sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi nyata dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sebagai aparat satuan Komando kewilayahan, Dandim mempunyai tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah. Karena dalam pelaksanaan tugas sehari-hari kita berhadapan langsung dengan masyarakat yang penuh dengan dinamika kehidupan sosial. Sehingga sebagai aparat teritorial harus mampu menguasai wilayah binaannya serta permasalahan yang terjadi," kata Danrem.

Dikatakan Danrem, Dandim harus segera memahami dengan cermat karakteristik wilayah dan masyarakat yang beragam agar dapat menentukan kebijakan dan langkah yang tepat dalam mengatasi setiap persoalan.

"Saat ini masih masa Pandemi Covid-19, Dandim harus bertindak cepat dalam melakukan berbagai upaya penanganan penyebaran Covid-19 dan mendukung serta memaksimalkan program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di wilayah," tegas Danrem.

Dikesempatan itu Jendr Bintang satu ini mengucapkan terima kasih kepada Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan atas pelaksanaan tugasnya sebagai Dandim 1205/Stg.

"Ucapan yang sama, juga disampaikan kepada Ny. Retno Eko Saktiawan yang dengan setia telah mendampingi suami dalam membina Persit KCK Cabang 49 Dim 1205. Selamat bergabung di Korem 121/Abw kepada Letkol Inf Kukuh sebagai pejabat Dandim 1205/Stg, selamat bertugas," pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny