Sekilas Info

Sungai Tebelian Semakin Siap Sebagai Wilayah Penyangga Ibu Kota Kabupaten

Karjito, Camat Sungai Tebelian Kabupaten Sintang.

SINTANG | SenentangNews.com – Ada tiga kecamatan yang menjadi wilayah penyangga ibu kota kabupaten Sintang, yaitu; Sungai Tebelian, Kelam Permai, dan Binjai Hulu.

Menurut Camat Sungai Tebelian, Karjito, Senin (1//4/2023) khusus Sungai Tebelian sebetulnya sudah lumayan lengkap. Mulai dari ternak sapi, ayam potong, dan ikan air tawar .

Pengembangan sapi ada di desa Merarai Satu dan di desa Melayang Sari. Untuk ikan air tawar berpusat di desa Solam Raya, dan peternakan ayam potong berskala besar ada di desa Ransi Dakan dan desa Balai Agung. Desa Merarai Satu pada dua tahun lalu juga pernah dinobatkan sebagai Desa Sayur.

"Untuk pengembangan sapi memang harus dikembangkan lagi agar lebih siap jadi wilayah penyangga. Kemudian bibit ikan dan ikan siap konsumsi yang terpusat di desa Solam Raya ditambah peternak ikan kerambak di Sintang, sudah mencukupi kebutuhan kota Sintang. Sehingga kelebihannya banyak yang dipasarkan ke kabupaten lain,” ucap Karjito.

Paimin, Kades Merarai Satu Menunjukan Salah Satu Kandang Sapi.

Terpisah, di hari yang sama Kepala Desa (Kades) Merarai Satu Paimin menjelaskan bahwa di desanya ini ada dua kelompok tani yang mengembangkan ternak sapi. Di tahun 2021 populasi sapi di Merarai Satu ada 400 ekor lebih. Diyakini bahwa sekarang populasinya telah bertambah.

Cita-cita warga Merarai Satu memang ingin menjadikan desa Merarai Satu sebagai pusat pengembangan sapi kurban. Ingat kurban, ingat Merarai Satu.

Dari jumlah penduduk yang sebanyak 3.550 jiwa lebih, ada sekitar 100 Kk yang memelihara sapi dua hingga tiga ekor. Dan itu masih bertahan hingga sekarang.

“Jangan heran jika di sore hari kita ke Merarai Satu, di jalan bertemu dengan puluhan sepeda motor yang tengah mengangkut rumput,” kata Kades dua periode ini.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!