Sekilas Info

Pererat Tali Silaturahmi, Lagi CUKK Gelar Buka Puasa Bersama dengan Ikatan Jurnalis Sintang

Suasana Gembira Saat Acara Buka Puasa Bersama Manajemen CUKK dan Ikatan Jurnalis Sintang.

SINTANG | SenentangNews.com – Menganbil tempat di Ladja Resto Jalan YC Oevang Oeray Sintang, Jumat (5/4/2024) sore, manajemen Credit Union Keling Kumang (CUKK) menggelar acara buka puasa bersama dengan Ikatan Jurnalis Sintang (IJS).

Bersama Ketua IJS Hery Sumitro Lingga, ada 14 orang jurnalis dari media cetak, online, audio terestrial dan media audio visual.

Salah seorang diantara anggota IJS yang hadir ada Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Sintang, Susianti.

Acara di setiap bulan Ramadhan antara CUKK dengan IJS ini sudah menjadi agenda tetap tahunan sejak tahun 2015 silam. Seharusnya sejak 2015 hingga 2024 acara ini sudah untuk ke 10 kalinya, namun sempat ditiadakan di tahun 2020 dan 2021 karena datangnya bencana Pandemi Covid-19.

Di CUKK untuk kegiatan ini menjadi tanggungjawab dari Marketing Public Relation Research Development (MPR-RD) yang pada saat ini dikomandani oleh Saryono. Menurut Saryono, ini adalah untuk kedua kalinya dirinya bersaturahmi dengan IJS sejak tahun 2023 lalu.

Dalam kegiatan yang menarik ini, Chief Executive CUKK Velentinus Narung sempat melaporkan perkembangan dan pertumbuhan lembaga yang dipimpinnya ini.

Dipaparkannya bahwa saat ini CUKK telah memiliki 74 kantor cabang dan dua diantaranya berada di provinsi Kalimantan Tengah.

Tentang pertumbuhan. per Februari 2024 lalu jumlah anggota CUKK telah mencapai 230 ribu orang lebih, dengan jumlah aset di atas Rp. 2 Triliun. Target yang ingin dicapai hingga Desember 2024 nanti, anggota 237 ribu dan aset sebesar Rp. 2,3 triliun.

“Saat ini jumlah anggota CUKK sudah lebih banyak dari jumlah penduduk kabupaten Sekadau.,” kata Valentinus Narung.

Menurut CEO ini, perkembangan sebuah lembaga seperti CUKK ini tidak terlepas dari peran publikasi pihak media massa, bukan hanya CUKK tetap termasuk Gerakan CUKK atau GCUKK.

Untuk diketahui GCUKK memiliki tujuh entitas, yaitu; CUKK, Koperasi Jasa Keling Kumang Tampun Juah, Koperasi Konsumen Keling Kumang Union, Koperasi Produsen Keling Kumang Agro, Koperasi Produsen Aliansi Petani Kelapa Sawit Keling Kumang, Yayasan Pendidikan Keling Kumang, dan Yayasan Pemberdayaan Keling Kumang, yang masing-masing berbadan hukum sendiri.

Valentinus juga sempat menginformasikan bahwa pada 16-18 Mei mendatang GCUKK akan menggelar Keling Kumang Festival 2024 di Tapang Sambas kabupaten Sekadau.

Taufik Hidayat dari RRI Sintang mewakili rekan-rekannya mengakui bahwa sejak diresmikannya Kantor Sentral CUKK di Jalan YC Oevang Oeray pada tahun 2010 oleh Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, RRI telah menjadi mitra CUKK.

“Kemudian pada saat diresmikannya Ladja Hotel oleh Menteri Koperasi (2014-2019) Anak Agung Ngurah Puspayoga di tahun 2016, RRI dan media lainnya telah bermitra dengan CUKK,” ucap Taufik Hidayat.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!