Sekilas Info

KSP CU Keling Kumang Lakukan Reorganizing, Tingkatkan Efisiensi Dari Tujuh Area Menjadi Enam Area

USAI PELANTIKAN. Enam Orang Area Manager Bersama CEO Gerakan CU Keling Kumang Valentinus (Tengah).

SEKADAU | SenentangNews.com – Guna lebih meningkatkan efisiensi, KSP CU Keling Kumang (KSP CUKK) telah lakukan reorganizing di tingkat Area. Menurut penjelasan Chief Executive Officer (CEO) KSP CUKK Valentinus, Jumat (1/4/2022) di Tapang Sambas, jika sebelumnya ada tujuh pejabat Area Manager (AM) di tujuh Area, sekarang hanya ada enam pejabat AM di enam Area.

Reorganizing ini tidak mengurangi jumlah branch office (BO). Jumlah BO tetap ada 66 buah, hanya ada pengalihan dan pergeseran induk yang sebelumnya berpedoman kepada pendekatan geografis dan histois sekarang ke pendekatan administratif daerah. Reorganizing juga tidak berdampak harus menambah jumlah staf.

“Ini akan memudahkan jika terjadi kemiteraan dengan pemerintah daerah. Tidak ada lagi BO yang berada di wilayah kabupaten tertentu namun menginduk ke Area yang berpusat di kabupaten lain. Sebagai contoh, BO Lengkenat dan BO Manis Raya di kecamatan Sepauk, sebelumnya menginduk ke Area I yang berpusat di Tapang Sambas kabupaten Sekadau. Sekarang menginduk ke Area Sintang II,” jelas Valentinus.

Penjelasan lain dari Ketua Dewan Pengurus Stefanus Masiun, Bahwa reorganizing ini akan memperpendek rentang pelayanan kepada anggota. Sekarang setiap AM memiliki staf beberapa orang, dan AM tidak lagi menangani hal teknis. Pendeknya, jika sebelumnya sentralisasi, sekarang desentralisasi

“Para staf AM lah yang akan menanani hal teknis. Para AM punya kewenangan lobi dan negosiasi. Dengan begitu akan ada beberapa jenis keputusan tertentu yang semula harus diputuskan di kantor sentral, dapat diputuskan di tingkat Area. Ini berlaku sejak 1 April 2022,” terang Stefanus Masiun.

Berikut hasil reorganizing Area:

Area Sekadau membawahi: Tapang Sambas, Simpang Kayu Lapis, Lotong, Sekadau Bersatu (Kantor Area Sekadau), Pasar Sekadau, Rawak, Taman, Mahap, Sungai Lawak, Tapang Pulau, Belitang, Balai Sepuak, Timpuk.

Area Sintang I membawahi: Kantor Sentral (Kantor Area Sintang I), Rumah Punyong, Kelam Permai, Nanga mau, Mentunai, Nanga Tebidah, Binjai, Merakai, Kedembak Air Tabun, Pintas Keladan, Senaning.

Area Sintang II membawahi: Simpang Pinoh (Kantor Area Sintang II), Solam raya, Nanga Tempunak, Sungai kurak, Gurung Mali, Selebak/SP.6, Mengkurat Baru, SP. 5 Semuntai, Lengkenat, Manis Raya, Bedayan, Temanang, Sinar Pekayau, Nanga Pari.

Area Melawi membawahi: Nanga Pinoh (Kantor Area Melawi), Batu Buil, Piawas, Langan, Ella, Menukung, Pelaik Keruap, Sayan, Kota Baru.

Area Kapuas Hulu membawahi: Putussibau (Kantor Area Kapuas Hulu), Sungai Utik, Banua Martinus, Lanjak, badau, Kantuk, Tekalong, Belikai, Dangkan, Silat.

Area Sanggau/Pontianak membawahi: Sanggau (Kantor Area Sanggau/Pontianak, Mukok, Jangkang, Balai Karangan, Kembayan, Meliau, Sosok, Pontianak, Siantan, Anjungan.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas