Sekilas Info

CU Keling Kumang

Eksis Di Tiga Kota Perbatasan Negara, Sekarang Hadir Di Batas Kalbar-Kaltim

Board of Director CU Keling Kumanh, Stefanus Masiun.

SINTANG | SenentangNews.om – Di provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) bagian timur, ada tiga kota kecamatan yang berbatasan langsung dengan negeri Sarawak Malaysia; kota Entikong di kabupaten Sanggau, kota Senaning di kabupaten Sintang dan kota Badau di kabupaten Kapuas Hulu.

CEO CU Keling Kumang, Valentinus.

Dalam peta pelayanan CU Keling Kumang, tiga titik kota perbatasan negara tersebut seakan menjadi batu penjuru pada jalur sutera yang saling terhubung.

Contohnya, jalur dari Entikong ke Senaning. Di sepanjang jalur akan melalui puluhan branch office (BO), mulai dari BO Kembayan, BO Bodok, BO Sanggau, BO Sekadau, BO Simpang Empat Kayu Lapis, BO Manis Raya, BO Lengkenat, Kantor Sentral Sintang, BO Binjai, BO Kedembak, BO Pintas Keladan dan BO Senaning. Bahkan antara BO Binjai ke BO Kedembak segera berdiri satu buah BO lagi, yaitu BO Simpang Indung.

Demikian juga jalur dari Entikong ke Badau. Setelah sampai di Sintang, kemudian akan melewati BO Kelam, BO Simpang Silat, BO Belikai, BO Tekalong, BO Putussibau, BO Sungai Utik, BO Lanjak dan BO Badau.

Chief Executive Officer (CEO) CU Keling Kumang Valentinus menjelaskan, itu adalah BO-BO yang berada di jalur dari kota perbatasan ke kota perbatasan lainnya.

BO-BO diluar jalur tersebut tersebar di pelosok-pelosok bahkan di tempat yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Jika keseluruhannya, hingga bulan Juni 2023 ini jumlah BO CU Keling Kumang ada 72 BO.

“Anggota yang sering pulang-pergi Kalbar-Sarawak, keluar-masuk melalui Pos Lintas Batas Negara yang manapun akan bertemu dengan BO Keling Kumang," terang Valentinus.

Dua BO di Kalteng

Terpisah, menurut keterangan dari Board of Director CU Keling Kumang Stefanus Masiun, baru-baru ini CU Keling Kumang juga hadir di perbatasan provinsi Kalbar dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Mata rantai menuju ke sana pun sudah ada, yakni BO Sosok dan BO Batang Tarang, BO Tayan dan BO Teraju.

“Untuk di Kalteng yang segera diresmikan adalah BO Tumbang Kejamei kecamatan Bukit Raya kabupaten Katingan, dan BO Tumbang Manjul kecamatan Seruyan Hulu kabupaten Seruyan. BO Tumbang Kejamei dan BO Tumbang Manjul di Kalteng ini adalah pengembangn dari BO Ella kabupaten Melawi,” terang Masiun.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!