Sekilas Info

287 Kepala Desa Terpilih Diberi Pembekalan

Plh Bupati Sintang yang diwakili Asisten I Setda Sintang memberikan sambutan kegiatan pembekalan kades terpilih di gedung pancaaila sintang

SINTANG I SenentangNews.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang memberikan pembekalan kepada 287 Kepala Desa terpilih di Gedung Pancasila Sintang, Senin (11/10/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dibuka Pelaksana Haruan Bupati Sintang yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat.

Dalam kesempatan tersebut Yasser mengharapkan kegiatan pembekalan bagi kepala desa terpilih pada hari ini dapat memberikan gambaran kepada kepala desa yang baru terkait tantangan yang harus dihadapi dimasa mendatang serta dapat memberikan pemahaman terkait konsep pembangunan desa secara mendasar.

"Saya yakin dan percaya saudara-saudari dapat melaksanakan seluruh tugas dengan baik dan bijaksana,"harap Yasser.

Yasser juga mengingatkan bahwa kepala desa harus dapat menjalankan fungsi sebagai pemimpin pada berbagai situasi dan perubahan. Dimana seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalan dan menunjukkan jalan.

"Tanggung jawab pertama seorang pemimpin adalah mendefinisikan kenyataan. tanggung jawab terakhir seorang pemimpin adalah mengucapkan terima kasih. di antara keduanya, pemimpin adalah pelayanan masyarakat,"ingat Yasser.

“Terpilihnya saudara-saudari sebagai kepala desa diantaranya adalah mempunyai mandat untuk menjalankan salah satu prime mover pembangunan daerah kabupaten sintang yaitu membangun sintang dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa,"jelas Yasser.

Berdasarkan data pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Sintang Tahun 2020, terdapat 44 desa dengan status desa mandiri, 68 desa dengan status desa maju, 206 desa dengan status desa berkembang, serta 72 desa dengan status desa tertinggal.

"Kompleksnya masalah desa di Kabupaten Sintang bukan karena desa tidak memiliki potensi apapun untuk berkembang, namun bisa jadi karena sistem manajemen dan tata kelola pemerintahan desa yang belum berjalan secara efisien dan efektif,"pungkasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni mengatakan Dalam pembekalan tersebut, Kades diberikan beberapa materi tentang umum dan hukum.

"Sehingga, mereka (kades,red) sebelum terjun ke lapangan mengerti semuanya. Karena jangan sampai, salah dalam melangkah,"ucap Roni.

Penulis: Oktavianus Beny