Sekilas Info

Dari Sekadau Untuk Bangsa

Pemenuhan Kualifikasi, 17 Dosen ITKK Ikuti Pelatihan Applied Approach

Rektor, Warek dan Para Dosen ITKK Sekadau Peserta Pelatihan Applied Approach

SEKADAU | SenentangNews.com – Bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Tanjungpura Pontianak, sebanyak 17 orang Dosen Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) Sekadau ikuti pelatihan Applied Approach (AA).

Pelatihan AA yang berlangsung dari tanggal. 28 hingga 31 Maret ini, diselenggarakan di gedung Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) milik Keuskupan Agung Pontianak yang terletak di Jalan WR. Supratman, Pontianak.

Menurut Direktur Yayasan Pendidikan Keling Kumang (YPKK) Adilbertus. AS yang juga sebagai peserta, pelatihan AA ini adalah kelanjutan dari pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) pada 21-25 November 2022 yang lalu.

“Sebelum mengikuti PEKERTI dan AA semua adalah para Dosen ITKK yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasianal atau NIDN. Jika belum memiliki NIDN belum memenuhi syarat untuk mengikuti dua macam pelatihan tersebut,” terang Wakil Rektor-I ini, Sabtu (1/4/2023) pagi.

Rektor ITKK Dr. Drs. Stefanus Masiun, SH, ME turut menjelaskan, pelatihan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi Dosen ITKK dalam proses menjalankan Tri Dharma Perguruan tinggi. Yang sangat ditekankan adalah paradigma Outcones-based Education (OBE), Student-Centered Learning (SCL) dengan pendekatan Case-based Learning dan Project-based Learning.

Dalam konteks tersebut, penggunaan media digital dalam pembelajaran adalah keharusan. Sehingga pembelajaran yang inovatif dan interaktif dengan paradigma konstruktivisme dapat benar-benar terjadi dalam proses pendidikan di ITKK.

“Para lulusan ITKK sungguh-sungguh akan mampu menjadi subjek dalam kehidupannya di era teknologi digital ini. Setelah pelatihan ini, semua Dosen ITKK bisa melanjutkan proses Sertifikasi Dosen yang sangat penting sebagai Dosen profesional,” pungkas Stefanus Masiun.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!