Sekilas Info

Kuliah Umum Di Institut Teknologi Keling Kumang Hadirkan Seorang ESG Head PT Agro Andalan

Wakil Rektor I Adilbertus Saat Menyerahkan Plakat ITKK Kepala Imanuel Tibian Disaksikan Wakil Rektor III Hendrikus Mangku.

SEKADAU | SenentangNews.com - Kegiatan Kuliah Umum adalah acara biasa di dunia Perguruan Tinggi, berisikan materi-materi dan ceramah yang dapat diikuti oleh semua jurusan guna memperluas wawasan para mahasiswa.

Kuliah Umum di Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) Sekadau Tahun Akademik 2023/2024 pada Senin (11/9/2023), menurut Wakil Rektor-I Adilbertus. AS tidak menghadirkan pembicara yang hanya menyajikan teori dan data-data statistik yang bisa membuat para peserta menjadi bosan.

“ITKK menghadirkan seorang praktisi dari perusahaan. Pengalaman para praktisi inilah yang tidak ada mata kuliah formalnya di Perguruan Tinggi,” kata Adilbertus.

Yang dihadirkan oleh ITKK adalah seorang yang menjabat sebagai Environmental, Social, Governance (ESG) Head Kalimantan Barat – Kalimantan Tengah, Imanuael Tibian dari PT Agro Andalan.

Imanuel Saat Memberikan Materi.

Pemateri Saat Foto Bersama Dengan Para Wakil Rektor dan Para Peserta.

Imanuel Tibian yang berpengalaman kerja 29 tahun ini adalah ESG Head di sejumlah perusahaan di bawah naungan PT Dharma Satya Nusantara (DSN) Group; yakni PT Pilar Wanapersada (Lamandau, Kalteng), PT Agro Andalan (Setawar, Sekadau), PT Kencana Alam Permai (Sepauk, Sintang), PT Prima Sawit Andalan (Sepauk, Sintang), PT Dharma Persada Sejahtera (Sepauk, Sintang) dan PT Mitra Nusa Sarana (Ketungau Hulu, Sintang).

Pertanyaan menggelitik seperti “Akan kemana setelah kuliah.” Dan sebuah kenyataan bahwa seorang pegawai untuk level S1 di perusahaan perkebunan memang terlihat tidak kece, namun dari segi pendapatannya lebih tinggi dari pegawai Bank. Bandingkan juga dengan penghasilan pekebun mandiri anggota koperasi. Beranjak dari dua hal itulah Imanuel mengawali paparannya.

Dipandu oleh seorang dosen Herlina sebagai Moderator, materi yang dipaparkan ESG Head ini sangat kontekstual dengan Prodi yang ada di ITKK, utamanya Prodi Agroteknologi dan Prodi Kewirausahaan.

Dipaparkan juga diagram processing dari TBS hingga menjadi CPO. Juga dipaparkan tentang praktek menjaga kelestarian lingkungan dan sistim ketenagakerjaan yang menganut no deforestation, no peat, no exploitation.

Tidak kalah menarik saat Imanuel memaparkan sistim kemiteraan di DSN Group, di mana bukan hanya bermitera dengan petani plasma namun juga dengan para petani mandiri.

Komitmen DSN Group terhadap Environment, Social, Good Governance (ESG) pun sejalan dengan Gerakan CU Keling kumang yang juga komit terhapad Three Bottom Lines (TBL).

Yang menarik dalam jalannya Kuliah Umum ini, adalah pada saat sesi dialog, dimana yang melontarkan pertanyaan bukan hanya para mahasiswa namun juga dari sejumlah dosen.

Imanuel Tibian juga membawa praktisi koperasi mandiri dan pemilik kebun mandiri, yaitu Kepala Desa Setawar kecamatan Sekadau Hulu, Nasarius (43) yang turut membagikan pengalamannya.

Selain Wakil Rektor I Adilbertus dan Wakil Rektor III Hendrikus Mangku, terlihat turut hadir para dosen dalam kegiatan yang berlangsung dari Pukul. 08.00 hingga Pukul. 12.30 ini.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!