Sekilas Info

Pasien Positif Covid-19 di Sintang Bertambah Menjadi 5 Orang

Bupati Sintang Jarot Winarno Mengumumkan Jumlah Paaien Positif Covid-19 saat meninjau Ruang Rawat Inap RSUD Ade M Djoen

SINTANG I SenentangNews.com- Bupati Sintang Jarot Winarno mengumumkan penambahan dua kasus konfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Sintang, Selasa (12/5/2020) malam. Dengan penambahan 2 kasus konfirmasi positif tersebut, sehingga jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Sintang menjadi 4 orang.

"Pertama, laki-laki berusia 21 tahun OTG 04 asal Kec. Sungai Tebelian yang menjalani isolasi mandiri di mess diklat BKPSDM Komplek Gedung Serbaguna Sintang kedua OTG 05 laki-laki 23 tahun dari Kecamatan Sungai Tebelian juga, hasil terkonfirmasi positif covid-19,"kata Jarot.

Jarot Winarno mengatakan tambahan dua kasus konfirmasi positif tersebut berdasarkan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) pada tanggal 12 Mei 2020.

Di katakannya, kedua pasien positif tersebut merupakan warga asal Kecamatan Sungai Tebelian, cluster dari Magetan, Jawa Timur yang sedang menjalani isolasi mandiri di Mess Diklat BKPSDM komplek Gedung Serbaguna Sintang kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) 04 dan 05 hasil rapid test reaktif.

"Yang bersangkutan, di Sintang sejak 17 April 2020 kemudian menjalani pemeriksaan rapid test pada tanggal 22 april 2020 dan dinyatakan reaktif. Kita lakukan pemeriksaan swab tenggorokan pada 23 dan 24 april 2020 juga kita kirim, baru keluar juga hari ini hasilnya terkonfirmasi covid-19,"kata Jarot.

Jarot menegaskan, pasien konfirmasi 03 dan 04 positif covid-19 ini, sudah dipindahkan ke ruang isolasi mandiri ketat RSUD Rujukan Ade M. Djoen Sintang untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

"Untuk desa tempat asal kedua pasien konfirmasi positif itu, dilakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) parsial atau lockdown parsial, "bebernya.

Tambah Satu Paaien Covid-19

Selang satu hari, bupati Sintang Jarot Winarno mengumumkan penambahan satu kasus konfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Sintang dari cluster Magetan, Jawa Timur,.

Itu disampakain Jarit pada saat meninjau ruang rawat inap RSUD Rujukan Ade M. Djeon Sintang tempat yang di gunakan untuk isolasi mandiri ketat pasien terkonfirmasi positif covid-19, Rabu (13/5/2020) siang.

Jarot Winarno mengatakan tambahan satu kasus terkonfirmasi positif covid-19 ini merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sedang menjalani isolasi mandiri di Mess Diklat BKPSDM Komplek Gedung Serbaguna Sintang sejak 22 Arpil 2020 lalu, yakni laki-laki usia 19 tahun dari Kecamatan Binjai Hulu yang berdasarkan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) hasilnya keluar Rabu 13 Aprli 2020 ini dinyatakan positif covid-19.

“Hari ini keluar lagi hasil pemerinksaan swab tenggorokan dari cluster magetan jawa timur juga, satu orang, laki-laki 19 tahun dari Kecamatan Binjai Hulu dinyatakan positif, hari ini juga langsung di pindahkan ke ruang isolasi mandiri di ruang rawat inap RSUD Rujukan Ade M Djoen Sintang”kata Jarot.

Jarot pun meminta masyarakat untuk tidak panik menanggapi adanya penambahan kasus positif , karena semuanya sudah di tangani tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Sintang.

"Tidak perlu panik, saya minta tim penyelidikan epidemiologo cari sebanyak-banyaknya, kalau ketemu langsung rapid test reaktif segera di isolasi di mess diklat, supaya masyarakat aman”tutup seraya meminta masyarakat tidak panik. (Bny)