Sekilas Info

Hari Ketiga Rupinus Natal Bersama Dengan Umat Katolik di Rirang Jati

SEKADAU | SenentangNews.com - Hari ketiga Bupati Sekadau Rupinus, berturut-turut menghadiri acara Natal Bersama umat Katolik di tiga paroki di Kabupaten Sekadau.

Hari pertama Jumat 3 Januari 2020 Bupati Sekadau Rupinus menghadiri natal bersama umat Katolik paroki santo petrus rasul sekadau, hari kedua Sabtu, 4 Januari 2020 Bupati Rupinus menghadiri acara natal bersama umat katolik paroki Santo Petrus Rasul Monumental Sekadau di Dusun Tapang Perodah dan pada tanggal 5 Januari 2020 Bupati Sekadau Rupinus menghadiri acara natal bersama umat paroki Nanga Taman di stasi Rirang Jati.

Disetiap kunjungan kerjanya di dusun dan di desa-desa, Bupati Sekadau maupun wakil Bupati Sekadau selalu disambut meriah oleh masyarakat.

Seperti terlihat pada penyambutan Bupati dan rombongan pada acara Natal bersama Paroki Nanga Taman di Rirang Jati Minggu 5 Januari 2020 pekan kemarin.

Bupati Rupinus disambut dengan acara ritual adat, kemudian pemancungan buluh muda dan injak telur dan dilanjutkan dengan tarian tradisional dan tarian dayak kreasi. Ratusan umat katolik dari seluruh stasi di paroki Yesus Tersalib Nanga Taman Hadir dalam acara natal bersama ini.

Acara natal bersama diawali dengan misa kudus. Misa kudus dipimpin langsung oleh Pastor Paroli Yesus Tersalin Nanga Taman Pastor Martin Ngabadi, CP.
Tema kotbah pastor Martin adalah Persembahan diri dan pembawa sukacita.

Dalam homilinya Pastor Martin bertutur berangkat dan belajar dari tiga raja, Melkior, baltasar dan Gaspar yg mempersembahkan harta miliknya yang berharga kepada Yesus pada perayaan penampakan Tuhan, maka kita diundang dan diminta mempersembahkan yang terbaik juga untuk Tuhan, seluruh hidup kita dlm tugas dan krya kita masing-masing-masing keluarga, gereja dan masyarakat.

"Pertanyaan untuk kita, Apa yg sdh kita persembahkan untuk semuanya itu?," tanya ujar Pastor Martin.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Panitia Natal bersama yang telah memyiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga acara terlaksana dengan baik.

"Saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Sekadau mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2020, mohon maaf karena selama masa Natal kemarin belum sempat bersilahturahmi dengan umat di Paroki Nanga Taman dan sekarang baru sempat imbuhnya," ujarnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa hiduplah bersahabat dengan semua orang tanpa membeda-bedakan latar belakang seseorang, hal ini perlu kita lakukan dalam rangka mewujudkan kabupaten Sekadau yang damai yang sudah lama terjadi dan ini mesti dipertahankan.

Pesan ini sesuai tema natal tahun 2019. Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang. Tema Natal ini sangat luar biasa," tutur Bupati

Sementara Itu Pastor Paroki Nanga Taman, Pastor Martinus Ngabadi, CP dalam sambutannya mengajak umat bersyukur karena natal bersama adalah wujud nyata membangun dan mengakrapkan persaudaraan. Sesuai tema natal, hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang.

"Maka diajak agar semua umat mau terus bekerja sama meningkatkan persaudaraan intern terlebih dahulu baru memberikan yg terbaik untuk sesama.

Diajak pula membangun dan meningkatkan semangat dalam beriman ditahun 2020. Pastor Martin berujar trimakasih kepada seluruh umat yang memberi dukungan bagi paroki secara khusus pihak pemda yg selalu mendukung kegiatan-kegiatan paroki nanga taman.

Usai acara misa dan serimonial, dilanjutkan dengan makan bersama dan ramah tamah. Beberapa penampilan keroganian turut ditamlilkan pula dalam acara tamah ini.(sutarjo)

error: Content is protected !!