Sekilas Info

Dari Kegiatan RAT Koperasi Konsumen Keling Kumang Union

Kadisperindagkop UKM Kabupaten Sekadau Emanuel, Saat Membuka Kegiatan RAT Keling Kumang Union Tahun Buku 2023.

SEKADAU | SenentangNews.com – Tidak seperti di Koperasi Jasa atau di Koperasi Produsen, suasana di acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebuah Koperasi Konsumen yang memiliki core business dibidang ritel, distributor dan caffee shop memang ada nuansa tersendiri.

RAT Tahun Buku 2923 Koperasi Konsumen Keling Kumang Union (KKU) digelar di Ruang Pertemuan SMK Keling Kumang Jln. Keling Kumang Sekadau, Jumat (23/2/2024). Kegiatan wajib yang dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sekadau, Emanuel ini, mengusung Tema Meningkatkan Daya Saing Untuk Mencapai Pertumbuhan yang Berkelanjutan.

KKU adalah bagian dari unit hasil spin-off Gerakan CU Keling Kumang bersama dengan Koperasi Produsen Keling Kumang Agro, Koperasi Jasa Keling Kumang Tampun Juah dan unit-unit lainnya.

Menurut data registrasi, perwakilan anggota yang hadir sebanyak 129 orang berasal dari Sanggau, Sekadau, Sintang Melawi dan Kapuas Hulu. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para Pengurus: Daniel (Ketua), Antonius Anus (Sekretaris) dan Martha Gondi (Bendahara). Di jajaran Pengawas: Aneng Natalis (Ketua), Alidin (Sekretaris) dan LH. Anwar (Anggota). Hadir juga Ketua Pengurus Aliansi Petani Kelapa Sawit Keling Kumang (APKSKK) Mikael sertra para staf KKU.

KKU memiliki tiga bisnis utama, yaitu Keling Kumang Mart (Sintang dan Sekadau), Lupung Caffee (Sintang dan Sekadau) dan Keling Kumang Distributor & Grosir (Sintang dan Sekadau).

Dilaporkan Manajer KKU Hilarius Gimawan, di tahun buku 2023 KKU mengalami pertumbuhan penjualan 6 persen dari tahun sebelumnya.

Jumlah penjualan di tahun 2022 sebesar Rp. 112.379.567.127,- Sedangkan penjualan di tahun 2023 sebesar Rp. 119.155.375.127,- Berarti ada kenaikan penjualan sebesar Rp. 6.775.808.374,-

Penjualan ini didapat dari tiga jenis usaha yaitu Keling Kumang Mart, Keling Kumang Distributor & Grosir dan Lupung Coffee. Kemudian dilaporkan juga bahwa hingga per 31 Desember 2023 lalu, jumlah anggota KKU sebanyak 26.663 dengan aset sebesar Rp. 42.130.075.058,-

“Kita berharap di tahun 2024 ini pertumbuhan penjualan bisa mencapai Rp. 188.104.500.000,- Apakah target ini bisa tercapai? Kami pihak manajemen merasa yakin di tahun 2024 ini kondisi ekonomi stabil dan daya beli masyarakat menguat,” harap Hilarius.

Ketua Dewan Pengurus KKU Daniel mengingatkan kembali kepada para anggota yang hadir, bahwa pengurus telah menyusun Pola Kebijakan (Poljak) dan sudah disosialisasikan pada kegiatan Pra RAT CU Keling Kumang pada Januari 2024 lalu. Harapan pengurus, Poljak dan Program Kerja Tahun 2024 dapat disetujui oleh forum RAT ini.

“Pengurus dan Manajemen akan berupaya sekuat tenaga untuk melaksanakan Program Kerja tersebut. Dan kepada rekan-rekan pengawas, agar menjalankan fungsi dan tugasnya sehingga kami tidak melakukan kesalahan dalam membuat keputusan,” kata Daniel.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Emanuel dalam sambutannya mengapresiasi atas dilaksanakannya RAT sebagai amanat Undang-undang. Menurutnya, dilaksanakannya RAT setidaknya satu kali dalam setahun oleh sebuah koperasi, adalah suatu indikator bahwa koperasi itu sehat.

Banyak yang dipaparkan Emanuel, khususnya kondisi perkoperasian di kabupaten Sekadau. Juga tentang program kerja instansi yang dipimpinnya terkait perkembangan koperasi.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Hilariua Gimawan
error: Content is protected !!