Sekilas Info

Masiun Kembali Nakhodai CUKK 2024-2026

Sertijab di CUKK: Diburu Tanggung Jawab Kelola 220.513 Anggota, Kevakuman Pengurus & Pengawas Hanya 4 Jam!

Para Calon Pengurus Periode 2024-2026 yang Turut Berkompetisi.

SEKADAU | SenentangNews.com - Di saat di seluruh peloksok nusantara ini tengah disibukan dengan kegiatan penghitungan suara dan pleno-pleno hasil Pemilu Presiden, DPR, DPRD dan DPD di tingkat desa dan kecamatan, pada Sabtu (24/2/2024) sore ada Pemilu tersendiri di dusun Tapang Sambas desa Tapang Semadak kecamatan Sekadau Hilir.

Salah Satu TPS Pemilihan Pengurus dan Pengawas CUKK.

Yang pasti ini bukan kegiatan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu, tetapi kegiatan pemilihan Pengurus dan Pengawas CU Keling Kumang (CUKK) untuk periode 2024-2026. Ini adalah menit-menit habisnya masa bakti Pengurus dan Pengawas periode sebelumnya.

Demisioner, Kevakuman Hanya 4 Jam

Untuk mengelola aset Rp. 2 triliun dan anggota sebanyak 220.153 orang dan tersebar di 72 branch office di dua provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, tentu kevakuman kepemimpinan tidak boleh berlama-lama.

Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas periode sebelumnya yang telah dibuat secara rinci dalam Annual Report, dapat diterima oleh forum Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023. Hal itu ditandai dengan telah ditandatangani serta diserahkannya Berita Acara RAT dari Ketua Dewan Pengurus periode 2022-2024 Stefanus Masiun kepada pihak manajemen yang diwakili oleh Chief Executive Officer CUKK Valentinus Narung. Peristiwa ini disaksikan oleh segenap yang hadir.

Para Calon Pengawas Periode 2024-2026.

Prosesi Pemilihan

Jajaran penyelenggara pemilihan terdiri dari: Ketua Komite Lorensius, Sekretaris Komite Yohanes Joni Simus. Tim Pemilihan terdiri para deputi dan kepala departemen di CUKK: Paulus Miki, Itoi Thomas Aquino, Hilarius Gimawan, Adilbertus. AS dan Kenedi Tian.

Ada enam TPS untuk enam area (Area Kapuas Hulu, Area Sintang1, Area Sintang 2, Area Melawi, Area Sekadau dan dan Sanggau-Pontianak) dengan 12 kotak suara.

Pada kegiatan pemilihan yang digelar di basement kantor pusat CUKK ini ada sembilan orang calon Pengurus, yaitu: Gregorius Bruno, Fransiska Yuniati, Bonaventura R. Bajae, Martin Putra Winarto, Mateus (Petahana), Marjuntak (Petahana), Erpina (Petahana), Stefanus Masiun (Petahana) dan Manggrisono (Petahana).

Kemudian ada lima calon Pengawas, yaitu: Darius Sila (Petahana), Xaverius Maju Ratu, Pilemin, Ngaba (Petahana), dan Oktavianus Ngambang.

Semua calon adalah hasil seleksi dari sekian banyak pelamar. Semua sudah mengikuti pelatihan Credit Union Directors Competency Course (CUDCC) dan Audit/Supervisory Course Competency (CUASCC)

Jika ada Pengurus dan Pengawas yang tidak mencalonkan diri lagi, berarti yang bersangkutan sudah mengabdi dua periode. Untuk Pengurus dan Pengawas di lembaga ini memang dibatasi hanya sampai dua periode.

Pengurus dan Pengawas Periode 2024-2026 Terpilih

Dari hasil penghitungan suara, telah terpilih Pengurus Periode 2024-2026: Ketua Dr. Drs. Stefanus Masiun, SE, ME, Wakil Ketua Martin Putra Winarto, S.Pd, Sekretaris Marjuntak, S.Pd, Bendahara Ervina, SE. Anggota Gregorius Bruno, S.Kep, NS, Bonaventura R. Bajae, SH, dan Fransiska Yuniarti.

Karena cakupan wilayah pelayanannya semakin luas (Kalbar-Kalteng) dan jumlah anggota yang hampir mencapai 0,25 juta orang, pada periode sebelumnya jumlah Pengurus hanya lima orang untuk periode ini menjadi tujuh orang.

Untuk Pengawas Periode 2024-2026: Ketua Darius Sila, SE, Sekretaris Oktavianus Ngumbang, SE dan Xaverius Maju Ratu sebagai anggota.

Sore itu juga langsung dilakukan pengambilan Sumpah dan Janji Jabatan oleh para rohaniawan serta pelaksanaan pelantikan dan serah terima jabatan.

Seakan diburu waktu dan tanggung jawab, kondisi kevakuman yang terjadi hanya 4 jam, yaitu sejak penyerahan Berita Acara Pertanggungjawaban pada pukul. 14.30 hingga prosesi pemilihan dan pelantikan pada pukul. 18.30. Dan itu pun bertepatan dengan hari libur pelayanan.

Diperoleh informasi dari Tim Pemilihan, Itoi Thomas Aquino, bahwa jumlah DPT (Peserta RAT) ada 637 orang yang hadir 556 orang.

“Mereka adalah para perwakilan dari 72 branch office di enam Area Pelayanan. Termasuk ada perwakilan dari dua branch office di Kalimantan Tengah,” terang Itoi.

error: Content is protected !!