Sekilas Info

CUKK Resmikan BO Tumbang Manjul Kecamatan Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah

Foto Bersama Sambil Memperlihatkan Prasasti Yang Sudah Ditandatangani.

KALTENG | SenentangNews.com – Baru sebulan lalu CU Keling Kumang (CUKK) meresmikan branch office (BO) Tumbang Kajamei di Kecamatan Bukit Raya Kabupaten Katingan. Kali ini tanggal. 25 Juli 2023 CUKK kembali membuka BO baru di Tumbang Manjul kecamatan Seruyan Hulu kabupaten Seruyan. Keduanya terletak di provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sebagaimana tradisi di CUKK, sehari sebelum meresmikan sebuah BO baru selalu didahului dengan menggelar Rapat Tim Inti.

Bertempat di BO Tumbang Manjul, kantor pelayanan ini diresmikan oleh Camat Seruyan Hulu, Malikul, SH. Hadir dalam acara ini Kepala Desa Tumbang Manjul, Munadi, S.Pd serta sejumlah pemuka masyarakat dan para anggota BO. Camat juga membawa serta unsur Forkopimcam Seruyan Hulu.

Dari pihak CUKK hadir Chief Board of Director (BOD) Srefanus Masiun dan Chief Executive Officer (CEO) Valentinus. Keduanya didampingi Marketing Public Relation Member Education Development (MPR-MED) Head Sariyono beserta sejumlah jajaran aktivis CUKK lainnya.

Kepala Desa Tumbang Manjul, Munadi, sebagai tuan rumah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada CUKK atas kehadirannya di Tumbang Manjul. Keharian CUKK diharapkan bisa membantu Pemerintah Desa memajukan masyarakat Tumbang Manjul. Seperti yang tertuang di dalam hymne CU masyarakat dapat Bahagia dan sejahtera.

Munadi juga mengimbau kepada Masyarakat Tumbang Manjul, agar jangan sungkan bertanya kepada staf CU untuk kemajuan bersama.

Menurut CEO Valentinus, dengan diresmikannya BO Tumbang Manjulini, jumlah BO yang dimiliki CUKK menjadi 72 buah. Yang 70 BO berada di kabupaten/kota di wilayah provinsi Kalimantan Barat.

Bagi CUKK, anggota di BO Tumbang Manjul bukan lah kenalan baru. Karena sebelumnya mereka adalah anggota BO Ella di kabupaten Melawi.

Anggota BO Tumbang Manjul adalah anggota eks BO Ella di Area Melawi termasuk karyawan PT. Erna Djuliawati. Jumlah seluruhnya 549 orang dengan jumlah aset sebesar Rp. 3,3 Miliar.

Yang keanggotaannya sudah di mutasi dari BO Ella ke BO Tumbang Manjul baru 83 orang. Yang masih belum dimutasikan sebagian adalah yang ber KTP Kalbar.

“Perjalanan darat dari Tumbang Manjul ke Nanga Pinoh melalui main-road PT. Erna Djuliawati paling lama sekitar tiga jam,” terang Valentinus.

Kemudian giliran Stefanus Masiun, yang menyampaikan bahwa kehadiran CUKK adalah untuk pemberdayaan manusia. Karena itu, tujuan besarnya adalah untuk meningkatkan harkat, martabat dan taraf hidup anggota.

Selain pemberdayaan, Gerakan CUKK adalah gerakan kemanusiaan. Maka hal pertama dan utama dilakukan CUKK adalah pendidikan anggota. Pendidikan dalam hal ini bermakna penyadaran.

Dengan pendidikan anggota menjadi berkualitas. Mampu menolong dirinya sendiri, mampu menaklukan kemiskinan dan mampu menciptakan kesejahteraan bagi dirinya melalui CUKK dengan semangat kebersamaan.

CUKK Bekerjasama dengan dengan pemerintah dalam rangka turut serta mengentaskan kemiskinan, sehingga tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dapat dicapai. Menurut data, angka kemiskinan di Kalteng adalah 5,22 persen.

“Ada tiga pelaku ekonomi di Republik ini, yaitu swasta, pemerintah dengan BUMN nya, dan koperasi. Namun peran koperasi sebagai sokoguru perekonimian indonesia masih sangat kecil,” kata Masiun.

Di acara yang sama, Camat Seruyan Hulu Malikul sangat berterima kasih atas kehadarian CUKK di Kecamatan Seruyan Hulu. Menurutnya melaui kehadiran CUKK ini secara otomatis sudah turut serta membangun masyarakat Seruyan Hulu. CUKK sudah tidak asing lagi sebagai mitra Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita manfaatkan dengan baik kehadiran CUKK di sini. Kita yakin CUKK sudah dikelola dengan baik dan profesional, dengan sistem organisasinya yang bagus, sistem pelaporannya yang bagus dan modern serta profesional,” kata Malikul.

Acara yang mengesankan ini, dipungkas dengan penandatangan prasasti oleh Camat Seruyan Hulu, serta oleh BOD dan CEO.

Sekilas Tentang Desa Tumbang Manjul Kecamatan Seruyan Hulu

Tubang Manjul, meski sebagai ibukota kecamatan adalah desa yang cukup terisolir. Melalui main-road PT. Erna Djuliawati akses jalan daratnya lebih lancar menuju kabupaten Melawi ketimbang ke Kuala Pembuang ibukota kabupaten Seruyan.

Kecamatan Seruyan Hulu sangat terkenal dimata instansi Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng, karena merupakan kawasan rawan bencana banjir. Di tahun 2022 lalu, bantuan Sembako untuk warga terdampak banjir untuk sejumlah desa di kecamatan ini harus dikirim menggunakan helikopter.

Penulis: Kris Lucas
error: Content is protected !!