Sekilas Info

Bupati Sintang Tandatangani Nota Kesepahaman Ke-II dengan Solidaridad

Momen Saat Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bupati Sintang dan Country Manager Solidaridad.

SINTANG | SenentangNews.com – Bagi pecinta lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Sintang yang - berpredikat Kabupaten Lestari - dengan Solidaridad Network Indonesia akan dimaknai sebagai peristiwa bersejarah.

Kabupaten Sintang yang diwakili oleh Bupati Sintang Jarot Winarno bersama Country Manager Solidaridad Yeni Fitriyanti, Selasa (7/5/2024) telah menandatangani Nota Kesepahaman Ke-II. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo rumah jabatan Bupati Sintang.

Dalam kegiatan ini Yeni Fitriyanti membawa serta Program Official Apit Yohanes dan sejumlah staf.

Turut hadir dalam kegiatan ini sejumlah unsur pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Sintang. Termasuk seorang kolektor dan 'pemulia' tenun ikat, Sri Rosmawati yang juga Sekretaris Disperindagkop UKM.

Solidaridad Network berpusat di kota Ultrecht negeri Belanda dan bekerja di 7 continents, salah satunya di Asia. Solidaridad Network Indonesia yang termasuk dalam Asia Continent beralamat di Graha Indomonang Lt.3 Jalan Hj. Tutty Alawiyah Jakarta.

Untuk di Indonesia Solidaridad berbadan hukum yayasan dan sebagai Ketua yayasan saat ini adalah Dr. Delima A. Darmawan yang juga Peneliti Utama di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sebagai catatan, pada Januari 2020 lalu Dr. Delima pernah ke Sintang bersama Bupati Jarot dan CU Keling Kumang mengkampanyekan tanaman teh di desa Pengkadan Baru kecamatan Dedai. Saat itu Dr. Delima membawa serta Gusti M. Hata, mantan Menristek dan pernah juga menjadi Menteri Lingkungan Hidup.

Kegiatan di pendopo ini didahului dengan presentasi oleh Yeni Fitriyanti tentang program kerja ke depan, serta kilas balik berbagai kegiatan Solidaridad yang sudah dilaksanakan khususnya di Sintang.

Presentasi ini kemudian fokus pada berbagai kegiatan, seperti pelatihan pertanian berkelanjutan hingga sertifikasi RSPO. Pada intinya terkait dengan peningkatan perikehidupan petani sawit mandiri, pendampingan dan penguatan petani serta pelatihan pengelolaan hutan & agroforestry di sejumlah lokasi.

Dilaporkan Yeni Fitriyanti bahwa di Kalimantan Barat Solidaridad sudah berkerjasama dengan 7 kabupaten termasuk kabupaten Sintang dan juga dengan Credit Union Keling Kumang.

Yang luar biasa, semua lokasi yang disebutkan oleh Yeni Fitriyanti, seperti tempat industri kompos di desa Bangun, agroforestry di desa Sepulut dan desa Merpak serta sejumlah tempat lainnya, ternyata memang atas pilihan Jarot Winarno. Bahkan sudah lima kali Bupati Sintang ini ke desa Bangun yang mendapat julukan Desa Koperasi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kabupaten Lestari ini selain mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya selama ini, berharap kerjasaman ini akan terus meningkat dan terus berlanjut dengan telah ditandatanganinya Nota Kesepahaman Tahap II ini.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!