Sekilas Info

Rapat Sempat Diskor 10 Menit

Rapat Pleno KPU Dimulai, Kotak Rekap Kecamatan Sungai Tebelian Dapat Giliran Pertama Dibuka

Kotak Dari Kecamatan Sungai Tebelian Mendapat Giliran Pertama di Hari Pertama Pleno KPU.

SINTANG | SenentangNews.com – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara di Tingkat Kabupaten Sintang Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 yang dihelat di Hotel My Home dimulai pukul. 09.30, Sabtu, 2 Maret 2024.

Para komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang sebagai penyelenggara hadir lengkap; Edy Susanto (Ketua); Karsinah; Slamet Bowo Santoso; Vesius Dien dan Endang Kusmiyati, Sekretaris KPU Sintang Hermanus serta jajaran. ditambah para Paninia Pemilihan Kecamatan (PPK) kecamatan. Juga seluruh jajaran dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sintang.

Hadir juga Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kusnidar serta para perwakilan dari organisasi kemasyarakatan.

Para Pengurus Parpol dan para saksi untuk Pilpres, DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten diketahui hadir lengkap setelah di absen oleh Ketua KPU.

Setelah sekitar dua jam Pleno berjalan, Tim PPK yang membawa kotak hasil rekapitulasi PPK kecamatan Kayan Hulu baru tiba di tempat acara. Tim PPK Kayan Hulu ini terlambat karena sempat terhambat oleh kondisi jalan antara Nanga Mau - Tebidah. Sekretaris KPU Hermanus sempat memperlihatkan kepada SenentangNews.com rekaman vidio perjalanan Tim PPK Kayan Hulu ini.

Edy Susanto dalam kata pembuka mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran penyelenggara di kecamatan dan desa yang jumlahnya ribuan personil, juga kepada pihak TNI /Polri serta sejumlah Ormas yang telah turut menjaga ketertiban dan lancarnya Pemilu di setiap tahapan, dipungkas dengan pembukaan acara Rapat Pleno.

Setelah acara secara resmi dibuka, kemudian dibacakan Tata-Tertib Rapat Pleno yang cukup panjang sehingga harus dibacakan oleh dua orang komisioner.

Di hari pertama Rapat Pleno ini, kotak hasil rekapitulasi PPK yang mendapat giliran pertama dibuka adalah dari kecamatan Sungai Tebelian disusul kecamatan Dedai. Seharusnya disusul dengan kecamatan Kelam Permai yang sama-sama berada di daerah pemilihan (Dapil) Sintang 3. Namun pihak KPU justeru membuka kecamatan Binjai Hulu.

Pleno sempat di skor sekitar 10 menit, karena saksi-saksi dari Dapil 3 minta agar setelah kecamatan Sungai Tebelian dan Dedai kemudian berlanjut ke kecamatan Kelam Permai karena masih satu Dapil. Namun forum Rapat Pleno akhirnya menyetujui, tetap akan membuka kecamatan Binjai Hulu terlebih dahulu. Setelah Binjai Hulu menyusul kecamatan Tempunak.

Dengan demikian, hingga pukul 17.15 petang ada empat kecamatan yang telah dibuka yaitu Sungai Tebelian, Dedai, Binjai Hulu dan Tempunak.

Secara umum jalannya Rapat Pleno Terbuka di hari pertama ini berjalan lancar dan tertib.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!