Sekilas Info

Berharap Koalisi Besar

Semakin Mantapkan Langkah, GH Bala & F Ronny Daftar Juga di PKB

Gregorius Heculanus Bala dan Florensius Ronny Saat Mendaftar di Sekretariat DPC PKB Sintang.

SINTANG | SenentangNews.com - Bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati Sintang Gregorius Herculanus Bala dan Florensius Ronny semakin menunjukan kebulatan tekad dan keseriusanya. Ini ditandai dengan mendaftarnya Bapaslon ini di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pada Sabtu (4/5/2024) sore.

Di Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Sintang yang terletak di Jalan Taruna Sintang, keduanya beserta rombongan diterima langsung oleh Ketua DPC PKB Kabupaten Sintang Muhammad Chomain Wahab beserta jajaran pengurus lainnya.

Dengan mendaftar di PKB, telah menambah deret panjang Partai Politik (Parpol) yang didatangi Bapaslon ini untuk mendaftar. Diketahui pasangan ini telah mendaftar di empat Parpol, yaitu Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Amanat Nasional (PAN) dan sekarang di PKB.

Bala saat ini masih anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Florensius Ronny sebagai Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) serta masih sebagai Ketua DPRD Sintang.

Usai proses pendaftaran, masih di tempat yang sama GH Bala sempat berbincang dengan SenentangNews.com, dikatakan Bala bahwa Bapaslon Bala-Ronny sudah semakin memantapkan langkah dan hati. Sejak awal sudah berpasangan, berarti masing-masing sudah tidak ada keraguan terhadap pasangannya, dan juga tidak harus dijodoh-jodohkan lagi.

“Mengikat diri sebagai bakal pasangan calon untuk turut serta dalam Pemilihan Kepala Daerah bukan pekerjaan main-main dan bukan untuk sekedar coba-coba. Oleh sebab itu sejak awal kami berdua Saya dan Pak Ronny sudah berketetapan hati untuk berpasangan,” ucap Bala.

Ditambahkannya, meskipun syarat jumlah kursi Partai Gerindra dan Partai Nasdem di DPRD Sintang hasil Pemilihan Legislatif tahun 2024 sudah cukup untuk mengusung Bapaslon, dirinya dan Ronny serta bersama para pendukung berharap membentuk koalisi besar.

Menurut Ketua DPC PKB Kabupaten Sintang, Chomain Wahab, Pilkada tidak seperti Pemilu Legislatif ada yang yang sekedar mencari perahu, dalam Pilkada harus berpasangan.

Terkait pendaftaran, tidak seperti Partai Politik (Parpol) yang lain, di PKB pendaftaran harus melalui online. Dan nanti pada saat menyerahkan formulir pendaftaran si pendaftar harus datang langsung.

Hingga saat ini sudah ada lima yang mendaftar, empat orang diantaranya mendaftar sebagai Bupati dan ada yang sebagai Wakil Bupati.

Yang mendaftar sudah dalam posisi berpasangan sebagai Bupati dan Wakil Bupati, baru Gregorius Herculanus Bala sebagai bakal calon Bupati dan Florensius Ronny sebagai bakal calon Wakil Bupati.

“Semua berkas pendaftaran akan disampaikan ke Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan Pusat. Namun untuk Uji Kelayakan dipercayakan kepada DPC dengan menghadirkan unsur DPD dan unsur DPD,” terang politisi yang lebih akrab dipanggil Komen ini.

Saat ditanya tentang kapan pendaftaran ditutup, menurutnya PKB akan menutup pendaftaran pada tiga hari sebelum pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibuka.

Penulis: Kris Lucas
error: Content is protected !!