Sekilas Info

Sintang Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2018

SINTANG | SenentangNews.com – Pemerintah Kabuapten Sintang mengaku siap baik secara fisik maupun anggaran jika pagelaran Porprov yang dalam wacananya akan digelar di Kabupaten Sintang pada tahun 2018 mendatang. Hal itu disampaikan oleh Asisten I Pemerintah Sekretaris Daerah saat membuka rapat koordinasi Bidang Keolahragaan Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2017, Rabu (5/4).

SINTANG | SenentangNews.com – Pemerintah Kabuapten Sintang mengaku siap baik secara fisik maupun anggaran jika pagelaran Porprov yang dalam wacananya akan digelar di Kabupaten Sintang pada tahun 2018 mendatang. Hal itu disampaikan oleh Asisten I Pemerintah Sekretaris Daerah saat membuka rapat koordinasi Bidang Keolahragaan Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2017, Rabu (5/4).

“Terkait wacana pelaksanaan Porprov tahun 2018, kita siap baik secara fisik maupun anggaran. Kita punya stadion dan beberapa sarana lain yang memadai untuk pelaksanaan even besar. Kita hanya menunggu stakeholder terkait untuk memantaapkan kekompakan dalam persiapan penyelenggaran perhelatan besar ini,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia juga menyampaikan himbauan Bupati Sintang, Jarot Winarno agar Dinas terkait untuk membenahi sarana dan prasarana olahraga yang ada di Kabupaten Sintang.

“Kita menyambut baik diadakannya rapat koordinasi ini. Dengan adanya rapat koordinasi ini diharapkan dapat banyak masukan dan saran yang bisa menumbuhkan rasa kecintaan dan terjalin kerjasama antar pihak dalam bidang olah raga di Kabupaten Sintang. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan himbauan Bupati Sintang agar segera memperbaiki tata kelola keolahragaan,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan dengan adanya kegiatan yang telah disususn dalam program kerja Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sintang dapat menjadi angin segar bagi generasi masa kini agar memiliki kesempatan untuk berkarya menjadi seorang atlit.

“Ini angin segar bagi masyarakat khususnya pecinta olahraga di Kabupaten Sintang. Setelah beberapa waktu lalu kegiatan di bidang olahraga seperti mati suri, kini dengan adanya program yang telah disusun oleh Disporapar Kabupaten Sintang diharapkan mampu membangkitkan lagi semangat sehingga bisa mencetak atlit-atlit muda yang berprestasi hingga ke tingkat nasional bahkan jika bisa hingga internasional,” paparnya.

Kepala Disporapar Kabupaten Sintag, Hendrika mengatakan tujuan dari adanya rapat koordinasi ini salah satunya adalah membahas persiapan Kabupaten Sintang sebagai tuan rumah perhelatan beberapa even tingkat provinsi.

“Rapat ini sebenarnya merupakan agenda rutin, hanya saja kali ini ada beberapa hal yang harus dibahas bersama KONI Provinsi terkait persiapan tuan rumah beberapa even tingkat nasional,” tukasnya.

Ia juga mengungkapkan pada rapat koordinasi ini juga membahas kesiapan para atlit di Kabupaten Sintang dan juga melihat berapa cabang olahraga yang bisa diselenggarakan di Kabupaten Sintang.

“Setidaknya ada tujuh cabang olahraga yang sudah siap dilaksanakan di Kabupaten Sintang berdasarkan survey dan analisa KONI Provinsi bahkan bisa jadi nanti ada 12 cabang olahraga yang siap diselenggarakan di sini. Kalau untuk atlet, Sintang sudah memiliki SDM yang cukup di bidang olahraga, beberapa cabang olahraga kita sudah cukup menonjol seperti cabang olahraga anggar, volley, dan karate,” paparnya.

Kepala Bidang Keolahragaan Disporapar Kabupaten Sintang, Pinarto menyampaikan selain untuk Proprov, Kabupaten Sintang juga akan menjadi tuan umah pelaksana penyelenggaraan Hari Olahraga Nasional ke-34 se- Kalimantan Barat yang akan diadakan pada bulan September mendatang.

“Selain Kejurda dan Perprov, kita juga akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Olahraga Nasional yang akan digelar pada bulan September mendatang. Akan ada banyak cabang olahraga yang akan diperlombakan. Untuk cabang olahraga yang sarananya sudah siap yaitu sepak bola, bola volley, bulutangkis, tenis lapangan, tenis meja, pencak silat, catur, billiar, dan bridge,” tegasnya. (uli)