Sekilas Info

Peringati Hari Jadi, Serikat Media Siber Indonesia Gelar Bakti Sosial Donor Darah Serentak

Para Pendonor dari Batalyon Infanteri 642 Kapuas saat Transfusi Darah di Ruang UTD RSUD AM Djoen Sintang.

SINTANG | SenentangNews.com – Dalam memperingati hari jadinya yang ke-7, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menggelar kegiatan bakti sosial Donor Darah Serentak secara nasional di seluruh Indonesia. Kegiatan ini mengusung Tema: Dengan Memperingati HUT SMSI Kita Perkuat Silaturahmi Dalam Rangka Menjaga NKRI.

Logo SMSI

Serikat Media Siber Indonesia disingkat SMSI, merupakan lembaga organisasi yang menaungi perusahaan-perusahaan media. SMSI didirikan di Banten pada tanggal 7 Maret 2017

Khusus di Sintang, kegiatan Bakti Sosial ini dilaksanakan di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Ade M. Djoen, hari Kamis (7/3/2024).

Prajurit Satu Musyafah Dapat Giliran Pertama Masuk Ruang Transfusi Darah.

Sepanjang berjalannya kegiatan, diketahui ada 13 orang yang secara suka rela mendonorkan darahnya. Rinciannya, 10 orang prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 642 Kapuas, satu orang prajurit TNI dari Korem 121 Alambhana Wanawai serta ada dua orang warga sipil pria dan wanita.

Satu hal yang dapat dipetik dari kegiatan ini; Dengan donor darah orang telah membagi kehidupan kepada orang lain. Membagi kehidupan tanpa harus mengetahui untuk menyelamatkan siapa dan tidak peduli apa suku dan agamanya.

Menurut Penanggung jawab UTD RSUD AM Djoen dr. Yusuf Indra Santosa, unitnya terbuka kepada siapa saja yang akan mendonorkan darahnya secara sukarela.

"Kegiatan ini tentu sangat membantu ketersediaan darah di UTD.
Terima kasih kepada SMSI dan kepada para pendonor," ucap dr. Yusuf.

Saat ditemui, dr. Yusuf didampingi Kepala Seksi Penunjang Medik Yustandi.

Ketika ditanya tentang keberadaan Bank Golongan Darah (BGD ) ‘Binjai Betalau’ yang di launching Bupati Sintang pada September 2020 silam, menurutnya itu memang Bank Golongan Darah, bukan Bank Darah.

Di BGD Binjai tersebut ratusan anggotanya telah diinventarisir golongan darahnya. Jadi jika sewaktu-waktu ada yang memerlukan golongan darah tertentu, maka dengan mudah sudah diketahui siapa saja di dalam daftar yang memiliki golongan darah yang diperlukan.

“Orang yang akan mendonorkan darahnya tetap harus ditangani oleh UTD RSUD M Djoen. Juga jika ada kegiatan donor darah secara kelompok di sana, maka dari UTD RSUD juga yang harus turun tangan,” terang dr. Yusuf.

Di tempat kegiatan, Ketua Dewan Pimpinan Cabang SMSI Kabupaten Sintang Susianti mengungkapkan harapannya, bahwa dengan kita berdonor ini setidaknya dapat membantu kekurangan darah dan untuk men-support Bank Darah yang ada di UPT RSUD AM Djoen ini.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, khususnya kepada Pemerintah Daerah, Batalyon Infanteri 642 Kapuas dan Korem 121/ABW. Juga atas partisipasi aktif para anggota,” kata Susianti.

Tercatat perwakilan anggota SMSI Kabupaten Sintang yang hadir ada belasan orang, karena sebagian besar tengah menjalankan tugas liputannya di berbagai tempat.

Namun berkat dukungan para staf di UTD yang melayani dari pagi hingga kegiatan ini berakhir, secara keseluruhan bakti sosial ini terbilang sukses dan lancar.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!