Sekilas Info

Bupati Apresiasi Positif jalannya Pileg di Sintang

SINTANG | SenentangNews.com-Proses pencoblosan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) di Kabupaten Sintang sudah selesai dilakukan, Rabu (9/4) lalu. Hasilnya pun sudah ada bayangan siap yang duduk sebagai wakil rakyat. Meski secara resmi masih harus menunggu rekapitulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum, setidaknya masyarakat telah memiliki gambaran siapa pemenangnya.

Tapi terlepas dari hasil siapa yang menang atau kalah, ada sisi positif yang tersaji dalam pesta demokrasi 5 tahunan itu. Secara umum, jalannya pemilihan berlangsung aman. Tidak ada aksi kekerasan, apalagi menjurus anarkis. Masyarakat yang datang ke tempat pemilihan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilih, semuanya tertib.  “Ini sangat bagus. Artinya semua sudah dewasa dan memahami makna pesta demokrasi yang sebenarnya,” ujar Bupati Sintang Milton Crosbi M Si di sela-sela peresmian pasar Seni dan Galeri Senin (14/4)

Meski begitu dirinya juga meminta  agar suasana kondusif tak hanya terjadi saat pencoblosan saja, tapi terus berlanjut seterusnya hingga proses Pileg berakhir. Tentu peran partai politik sangat diperlukan dalam meredam setiap gejolak yang mungkin timbul di konstituen masing-masing. “Beri pendidikan politik yang benar,” harapnya.

Bupati, mengaku puas atas jalannya pileg untuk memilih wakil rakyat. Memang tidak semuanya berlangsung tertib, namun secara umum hampir tidak terjadi gejolak berarti. “Disini saya mau mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan anggota polisi dan TNI, yang sudah bertugas siang-malam. Jujur, peran pereka sangat vital dalam proses pengamanan. Ini harus diapresiasi khusus,” tukasnya (bny)