Sekilas Info

DPRD Sintang Bentuk Tiga Pansus Untuk Sembilan Raperda

SINTANG | SenentangNews.com - Melalui Rapat Paripurna Internal DPRD Sintang, Kamis (6/7) DPRD Kabupaten Sintang membentuk tiga panitia khusus (Pansus) membahas sembilan rancangan peraturan daerah (Raperda) Tahun 2017.

Tiga pansus terbentuk dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Sintang Jefray Edwar didampingi Wakil Ketua DPRD Sintang Terry Ibrahim dihadiri anggota DPRD lainnya.

Adapun pansus satu diketua oleh Syahroni dengan raperda yang dibahas meliputi Raperda tentang kearsipan, Raperda tentang ketertiban umum dan Raperda tentang penyelenggaraan pendidikan.

Kemudia Pansus dua yang diketua oleh Gulam Raziq membahas Raperda tentang pembanguanan industri kabupaten Sintang tahun 2017-2037, Raperda tentang pelayanan Tera/Tera ulang serta Raperda tentang pengelolaan pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko modern.

Sementara itu Pansus tiga yang diketuai oleh Melkianus membahas Raperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Sintang, Raperda tentang pencabutan Perda nomor 1 tahun 2008 tentang urusan pemerintah daerah Sintang serta Raperda tentang pencabutan Perda nomor 9 tahun 2009 tentang izin gangguan.

“Saya harapkan kepada anggota DPRD Sintang yang duduk di pansus dapat segera bekerja menyelesaikan pembahasan rancangan perda-perda itu secara baik dan tepat waktu dengan melibatkan instansi-instansi terkait,” harap Jefray.

Sedangkan terkait sembilan Raperda yang dibahas, Politikus PDI Perjuangan ini menilai bahwa semangat dari raperda ini adalah untuk memperkuat fondasi ekonomi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui revisi terhadap perda yang lama.

“Sembilan Raperda yang akan dibahas ini semua berkaitan dengan PAD yang mengindikasikan adanya keinginan pemerintah untuk meningkatkan PAD,”jelasnya. (bny)