Sekilas Info

Lebaran Makin Mendekat, Masyarakat Diminta Waspada Aksi Kejahatan Manfaatkan Momen Jelang Lebaran

Herimaturida

SINTANG | SenentangNews.com- Anggota DPRD Sintang Herimaturida mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai tindak kejahatan menjelang hari raya Idul Fitri yang sebentar lagi akan berlangsung.

Pasalnya menurut Herimaturida saat ramadhan dan jelang lebaran idul Fitri seperti sekarang banyak pelaku kejahatan seperti jambret mengintai aktivitas masyarakat seperti berbelanja kebutuhan lebaran.

"Kita yakin aksi kriminalitas ini pasti meningkat, seperti aksi copet, jambret dan kejahatan lainnya,”katanya Sabtu, (17/6).

Politisi Gerindra ini juga mengingatkan, perlu kesadaran masyarakat untuk selalu mencek serta mengunci pintu rumah sebelum bepergian. Letakkan kendaraan bermotor dalam keadaan stang terkunci dan kalau bisa masukkan ke dalam rumah atau garasi serta tutup pagar dan kunci.

“Tindak kejahatan saat ini sudah masuk ke kawasan - kawasan perumahan. Artinya disini masyarakat perlu waspada,”jelas mantan dosen STKIP PK  ini.

Ketua Komisi C DPRD Sintang ini juga mengingatkan masyarakat yang akan mudik lebaran untuk ekstra hati-hati mengendarai kendaraannya. Pasalnya jika tidak berhati-hati saat mengendarai kendaraan dapat dipastikan akan menimbulkan kecelakaan dijalan raya.

“Jangan paksakan diri, kalau capek mungkin bisa istrahat sejenak,”sarannya.

Terpisah Kapolres Sintang AKBP Sudarmin mengatakan menjelang Idul Firti, pihaknya telah menyiapkan 3 Pos Pengamanan dan 15 Pos Pelayanan Kepolisian yang tersebar di beberapa titik di kota Sintang.

“Penyiapan 1 Pos Terpadu , 3 Pos Pengamanan (Pos Pam) dan 15 Pos Pelayanan (Pos Yan) ini merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Ramadniya Kapuas 2017, ini bertujuan untuk memberikan pengamanan pada perayaan lebaran nanti," katanya.

Mantan Kapolres Kapuas Hulu yang baru bertugas kurang lebih 1 bulan sebagai Kapolres Sintang ini menyampaikan walaupun kondisi Kabupaten Sintang secara umum kondusif namun pihaknya tidak mau under estimed dengan kondisi tersebut.

"Lebih baik mencegah sejak dini daripada sudah terjadi baru kita berbuat," imbuhnya.

Sudarmin juga mengungkapkan, kepolisian akan berkomitmen penuh atas keamanan, dan keamanan terjalin harus dengan adanya kerjasama dengan masyarakat. Tak kalah pentingnya, Ops Ramadniya 2017dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman aksi terorisme.

"Kita benar-benar ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Sintang selama Lebaran tahun ini, selain itu juga tetap mewaspadai segala bentuk ancaman dan teror pada masyarakat,"katanya. (bny)