Sekilas Info

Lasarus : ISKA Harus Mampu Cetak Generasi Pemimpin Rumah Betang

SINTANG | SenentangNews.com - Ikatan Sarjana Katolik Indonesia Cabang Sintang diharapkan mampu membawa Kabupaten Sintang menjadi lebih baik. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus saat menghadiri seminar ISKA yang diselenggarakan di Gedung Pancasila, Sabtu (10/6).

"Keberadaan ISKA sendiri harusnya mampu mencetak calon pemimpin yang tentunya bertujuan untuk membangun bangsa khususnya Kabupaten Sintang," ujarnya yang juga merupakan politisi PDI Perjuangan ini.

Ia mengatakan untuk dapat mencetak generasi yang berjiwa pemimpin ada beberapa hal yang harus dipelajari dan dipahami yang tentunya sejalan dengan nilai agama dan tidak mengabaikan kebhinekaan tunggal Ika.

"ISKA harus mampu mencetak generasi pemimpin yang bertujuan untuk membangun Sintang ini menjadi lebih baik. Ada beberapa hal yang harusnya dilakukan yang sejalan dengan ajaran agama Katolik, tentunya harus tidak berseberangan dengan Pancasila seperti berbicara yang sesuai dengan lingkungan sekitar dan memiliki tanggung jawab sosial yang berujuan untuk merubah masyarakat ke arah yang lebih baik," tuturnya.

Dengan tema "Peran ISKA Dalam Menciptakan Kepemimpinan Yang Berkarakter Rumah Betang", Lasarus berharap para pemimpin dari ISKA mampu menjadi wadah pemersatu.

"Seperti marwah rumah Betang, ISKA diharapkan dapat mencetak pemimpin yang benar-benar mampu menjadi wadah pemersatu masyarakat. Tak hanya bagi umat Katolik saja namun bagi seluruhnya agar sesuai sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika," pungkasnya.

Pada kesempatan ini, ia juga menghimbau kepada anggota ISKA untuk menjadi penyejuk situasi dan jangan terpancing dengan isu atau berita yang dapat memecah belah bangsa.

"Saya yakin anggota ISKA merupakan orang-orang yang berintelektual tinggi, untuk itu jadilah penyejuk suasana. Seringlah berdiskusi dan juga berbicara dengan Pastor agar anggota ISKA tidak kehilangan arah," katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno yang juga turut serta menghadiri kegiatan tersebut. Ia mengharapkan ISKA mampu menjadi lokomotif dengan menyampaikan segala ide yang faktual untuk membangun Kabupaten Sintang.

"Peran sarjana tentu sangat penting dalam membangun negara dengan segala ide cemerlang yang ada. Terwujudnya masyarakat yang sehat, maju, religius dan sejahtera tentu sangat idamkan. Hal seperti ini dapat terwujud dengan adanya kontribusi nyata dari para sarjana. Untuk itu, saya berharap, ISKA menjadi salah satu lokomotif yang menyampaikan ide cemerlang dengan tujuan membangun kabupaten Sintang menjadi lebih baik," ucapnya. (uli)

error: Content is protected !!