Sekilas Info

Tiga Program Kerja Kampung KB

SINTANG | SenentangNews.com – Pemerintah Kabupaten Sintang mendukung kehadiran proyek perubahan tentang pendidikan kependudukan bagi remaja di Kampung KB.

Wakil Bupati Sintang, Askiman mengatakan Pemerintah Pusat telah mencanangkan adanya satu kampung KB disetiap kecamatan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Sintang harus membahas secara teknis permasalahan kampung KB yang ada di Kabupaten Sintang secara keseluruhan terutama dari SKPD terkait.

“Remaja saat ini memerlukan perhatian kita semua termasuk permasalahan pendewasaan pernikahan. Bagaimana cara memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya kepada remaja yang belum cukup umur agar tidak menikah di usia muda,” ujarnya ketika menghadiri kegiatan kehadiran proyek perubahan tentang pendidikan kependudukan bagi remaja di kampung KB di Balai Pegodai Rumah Dinas Jabatan Wakil Bupati Sintang, Jumat (12/5).

Pada kegiatan sosialisasi yang mengangkat tema “Dua Anak Cukup, Bahagia Laki-Laki, Perempuan Jangan Dibedakan”, ia mengungkapkan hingga saat ini Desa Mungguk Bantok telah ditunjuk sebagai desa Kampung KB sejak 16 April 2016 lalu. Hal itu dilakukan menindak lanjuti program pemrintah nawacita satu membangun dari pinggiran.

“Sesuai dengan tema yang diangkat, dua anak cukup, mau itu laki-laki atau perempuan sama saja. Jangan dibeda-bedakan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Kusmana menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Sintang bahwa pembentukan kampung KB perlu mendapatkan dukungan dari semua sektor agar menjadi salah satu fokus pemerintah setempat.

“Ada tiga hal yang menjadi program kerja kampung KB yaitu pertama adanya data yang akurat dari segala potensi desa yang ada harus di manfaatkan secara optimal. Kedua, pemerintah yang berdaya dan melayani secara serius dari semua aspek. Dan ketiga, menyusun semua rencana kegiatan yang ada baik dari bina keluarga, bina wanita, dan bina berencana,” tukasnya. (uli)

error: Content is protected !!