Sekilas Info

Terry Berharap Kwarcab Sintang Segera Lakukan Prioritas Kegiatan

SINTANG | SenentangNews.com – Ada banyak dampak positif yang dapat dirasakan dari pelaksanaan Pramuka yaitu berbagai pelatihan yang dapat membentuk jiwa kepemimpinan untuk generasi muda bangsa dan juga mengajarkan untuk tidak melupakan kearifan lokal.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim sangat mendukung dengan adanya kegiatan pramuka yang saat ini sedang berkembang di Kabupaten Sintang.

“Ada beberapa paparan yang telah diberikan oleh Kwartir Cabang Sintang. Saya selaku anggota legislatif sangat mendukung penuh dengan adanya kegiatan pramuka ini dan sangat berharap Kwartir Cabang Sintang dapat segera melakukan prioritas kegiatan seperti yang tadi sudah dipaparkan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan prestasi yang telah dicapai oleh Kwarcab Sintang sebagai salah satu leading gerakan pramuka di bagian timu Kalimantan Barat merupakan suatu beban yang dapat memotiviasi agar lebih baik.

“Tidak mudah menjaga nama baik yang sudah ada. Untuk itu, para pengurus yang baru harus bisa meneruskan prestasi yang ada. Pengurus yang lama juga harus tetap memberikan sumbangasih pikiran sehingga bisa menjalankan berbagai kegiatan kepramukaan baik di tingkat Kabupaten maupun hingga tingkat kecamatan,” ucapnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengungkapkan gerakan pramuka adalah suatu kegiatan yang sangat berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi generasi muda bangsa.

“Ada empat tantangan bagi generasi muda saat ini termasuk di Sintang yaitu kebhinekaan Indonesia sedang tercabik dengan isu sara, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), bonus demografi dan kelangkaan fosil. Untuk itu, gerakan pramuka dapat menjadi kontributor generasi emas pada tahun 2045 mendatang,” ungkapnya saat dilantik menjadi ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sintang di Pendopo Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang, Jumat (5/5).

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, H. Suriyadi menyampaikan adanya peran aktif dari apra pemimpin daerah dapat lebih mengembangkan gerakan kepanduan di Sintang.

“Sintang selaku barometer gerakan pramuka di bagian timur Kalbar, ini kita lilhat perkembanganya tentu tidak terlepas dari komitmen Bupati dan jajarannya untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan kepramukaan yang diadakan oleh Kwarcab,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sintang yang baru dilantik, H. Junaidi menyampaikan beberapa program prioritas Kwarcab Sintang.

“Ada tiga agenda yang kita siapkan, yaitu lomba gerakan pramuka tingkat daerah di Kubu Raya. Lalu kita siap-siap untuk even nasional di Bulan Agustus serta tim seni dan budaya kita di Even Nasional di Kalteng tahun depan,” tukasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward dilantik untuk menjadi Wakil Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sintang. (uli)

error: Content is protected !!