Sekilas Info

26 Tim Ikut Lomba Sampan Tradisional

SINTANG | SenentangNews.com – Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan saat ini baru ada dua kabupaten yang bergabung yaitu Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sekadau. Untuk itu, ia berharap tahun depan, Kabupaten Kapuas Hulu dapat bergabung mengikuti lomba sampan tradisional.

“Tahun ini baru ada dua kabupaten yang turut serta dalam perlombaan sampan tradisional. Kedepan saya harap Kabupaten Kapuas Hulu dapat turut serta karena disana banyak pendayung hebat,” ujarnya saat menghadiri perlombaan sampan trasional yang dilakukan di Sungai Kapuas depan Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang, Sabtu (6/5).

Sembari menikmati jajanan tadisional, ia mengatakan tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah melestarikan tradisi berkayuh yang sangat erat dalam kehidupan masyarakat Sintang.

“Meskipun saat ini kita sudah tidak aktif lagi menggunakan transportasi air ini namun dengan adanya perlombaan ini kita bisa berperan aktif dalam melestarikan budaya lokal kita,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang juga merupakan Ketua Panitia Lomba Sampan Tradisional, Hendrika mengatakan ada 26 peserta yang berasal dari tiga kabupaten yang ikut serta dalam lomba sampan ini.

“Ada 26 tim yang ikut dalam lomba ini, 13 tim dari Kabupaten Sintang, 12 tim dari Kabupaten Sekadau dan satu tim dari Kabupaten Melawi. Setiap satu tim terdiri dari 10 peserta dan setiap race diikuti oleh empat hingga lima tim dayung. Mereka harus menempus lintasan sepanjang 800 meter di Sungai Kapuas. Tentunya tujuan dari diadakannya lomba ini adalah menjaring atlit dayung serta juga memberikan hiburan rakyat bagi masyarakat Sintang,” katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Sintang, Terry Ibrahim dan Sultan Sintang, Muhammad Iksan Kesuma Negara V serta sejumlah kepala SKPD dan tokoh masyarakat Sintang. (uli)