Kartini, Inspirasi Perempuan Untuk Cetak Generasi Emas

118

SINTANG | SenentangNews.com – Peran Kartini dalam memperjuangkan emansipasi dan pendidikan bagi perempuan di Indonesia harus kembali dihayati dan dihargai. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno saat menghadiri peringatan Hari Kartini ke-138 yang diadakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sintang di Pendopo Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang, Kamis (27/4).

“Jadikan momentum ini untuk mengingat kembali bagaimana perjuangan dari Kartini untuk memperjuangkan emansipasi dan pendidikan bagi perempuan di Kabupaten Sintang. Ambil semangatnya sehingga kita mampu dalam menyadari dan mengatasi tantangan yang saat ini sedang dihadapi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan selain permasalahan ekonomi yaitu mengenai penyesuaian pendapatan dan pengeluaran, pada era globalisasi ini juga ada beberapa kendala yang harus dihadapi oleh perempuan terutama yang sudah menyandang predikat Ibu.

“Tantangan yang paling nyata saat ini ada narkoba, ini yang menjadi PR bagi perempuan yang sudah menjadi Ibu, bagaimana caranya untuk menjauhkan anak-anak yang merupakan generasi muda penerus bangsa ini jauh dari dampak narkoba. Terapkan pola hidup sehat sehingga anak terhindar dari pengaruh negatif pergaulan. Tak hanya itu, pengaruh globalisasi sehingga menyebabkan anak-anak menjadi asik dengan gadgetnya tentu juga menjadi masalah. Ibu harus mengajarkan anak menggunakan gadget dengan baik dan tepat guna,” jelasnya.

Ia berharap para perempuan khususnya para Ibu mampu untuk mengantisipasi adanya ancaman pengaruh negatif dari pergaulan dan teknologi sehingga bisa menyiapkan generasi emas untuk tahun 2045.

“Jika kita mampu membawa anak-anak kita melewati tahapan dan tantangan niscaya generasi muda di Kabupaten Sintang mampu menjadi generasi emas yang mampu menghadapi MEA dan bonus demografi,” katanya.

Ketua GOW Kabupaten Sintang, Hj. Sriwani mengungkapkan GOW melaksanakan kegiatan seperti sosialisasi deteksi dini kanker rahim, lomba makanan pembuka, dan pelaksanaan puncak acara peringatan Hari Kartini ke-138.

“Tema yang kita angkat pada peringatan Hari Kartini ke-138 ini adalah Dengan Semangat Kartini Memperkuat Daya Cipta Kreativitas Perempuan Kekinian. Ada beberapa kegiatan yang kita lakukan yaitu deteksi dini kanker rahum dan lomba makanan pemuka. Kagiatan ini sendiri diikuti oleh Ibu PKK, Dharma Wanita, Persit, Wanita Katolik, Bhayangkari dan juga yang lainnya,” tukasnya (uli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here