Sekilas Info

Wadanpos Ensanak Terima Senpira Dari Warga Nanga Kantuk

SINTANG | SenentangNews.com

SINTANG | SenentangNews.com – Alexander Sujawan (42) yang merupakan warga dari Desa Nanga Kantuk Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan senjata api laras pendek (pistol) miliknya kepada Pos Ensanak.

Kapenrem 121/Abw, Mayor Arm Sumaji mengungkapkan dua anggota dari Pos Ensanak melakukan kunjungan di Desa Nanga Kantuk untuk memberikan penyuluhan hukum terkait larangan memiliki atau menggunakan senjata api rakitan. Dari penyuluhan tersebut, salah satu warga mengaku telah memiliki senjata api dan akan menyerahkannya kepada Wakil Komandan Pos Ensanak.

“Anggota Pos Ensanak yaitu Pratu Jerri Candra P dan Pratu Donimikus Devistianus N melakukan kunjungan di Desa Nanga Kantuk Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu. Kunjungan tersebut dilakukan daam rangka penyuluhan hukum mengenai larangan kepemilikan senjata api, munisi dan bahan peledak (muhandak) ilegal. Dari penyuluhan tersebut, seorang warga yaitu Bapak Alexander ini mengaku memiliki senjata api rakitan,” ucapnya

Mengetahui hal itu, lanjutnya, keesokan harinya, Wakil Komandan Pos Ensanak melakukan kunjungan ke rumah Alexander Surjawan dan kemudian Alexander Surjawan memberikan langsung senjata api rakitan laras pendek miliknya kepada Wadanpos Ensanak.

“Esok harinya, Wadanpos Ensanak melakukan kunjungan ke rumah Bapak Alexander Surjawan dan kemudian Bapak Alexander Surjanawan menyerahkan senjata api rakitan laras pendek miliknya kepada Wadanpos Ensanak tanpa paksaan,” ucapnya.

Sementara itu, Alexander Sujarnawa mengatakan alasan dirinya memilki senjata api rakitan tersebut untuk berjaga-jaga saat ia tinggal di ladang. Akan tetapi, ia menyadari bahaya dan resiko memilki senjata api sehingga dirinya memilih untuk menyerahkan senjata api rakita miliknya ke Wadanpos Ensanak.

“Untuk berjaga-jaga saja jika ada apa-apa saat tinggal di ladang makanya saya punya senjata api rakitan ini. Akan tetapi, saya menyadari jika memiliki ini resiko dan bahayanya sangat besar makanya saya hari ini dengan sukarela menyerakan senjata api rakitan ini kepada Wadanpos Ensanak,” tukasnya. (uli)