Sekilas Info

Uskup Sanggau Resmikan Gereja Santo Yosep Tabai

SEKADAU | SenentangNews.com – Prosesi adat mulai dari pengalungan bunga, pembukaan kain pintu masuk gerbang, minum tuak, bepompang, pemancongan buluh muda, injak telur, atraksi silat hingga tari-tarian mewarnai pemberkatan gereja Katolik Tabai Kabupaten Sekadau, Selasa malam (18/4).

Bupati Sekadau, Rupinus yang turut hadir dan didaulat untuk melakukan pemancongan buluh muda pada acara tersebut menyampaikan apresiasi atas kegigihan umat stasi Tabai yang sudah bersusah payah membangun gereja yang terbilang cukup megah ini.

“Saya mengapresiasi kerja keras dari seluruh elemen sehingga gereja ini bisa dibangun dengan cukup megah. Isi gereja ini dengan kegiatan rohani untuk memuliakan nama Tuhan,” ucapnya.

Mengenai akses jalan menuju Desa Tabai, lanjutnya, pihaknya akan tetap melanjutkan pengerjaan.

“Kita pasti memperhatika masayrakat di wialyah ini. Untuk akses jalan ke desa ini akan terus dilanjutkan,” tukasnya.

Uskup Sanggap, Yulius Mencucini, CP mengatakan dapat dibangunnya Gereja ini dengan megah merupakan bukti iman dari umat Stasi Tabai akan Tuhan.

“Gereja ini bukti bahwa umat mencintai dan dekat dengan Tuhan. Ini merupakan bukti kebaktian umat kepada Tuhan juga bukti perutusan umat. Kita adalah orang yang percaya bahwa Yesus adalah Putra Allah yang hidup. Untuk itu, isilah berbagai kegiatan di gereja ini agar tidak dibangun dengan sia-sia. Isi terus gereja ini dengan kegiatan doa, pemimpin umat harus hadir bersama umat bahkan jika terjadi masalah maka ajaklah umat untuk berdoa bersama di gereja ini,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ismael menyampaiakn terimakasih kepada Pemerintah kabuapten Sekadau yang sudah membantu membangun gereja tersebut.

“Bangunan Gereja Santo Yosep Tabai ini memiliki luas 9x18 m2 yang menelan dana sebanyak Rp 300 Juta. Untuk itu, kami ingin ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Pemeritah Sekadau karena telah membantu pembanguna gereja ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Uskup dan pastor Paroki yang sudah banyak memberikan pembinaan kepada kami sehingga pembangunan ini dapat diselesaikan. Tentunya kami juga merasa bangga karena Bapak Bupati Sekadau serta Bapak Wakil Bupati Sekadau bisa hadir di kampung kami,” ungkapnya.

Misa syukur dipimpin langsung oleh Uskup Sanggau Mrg. Yulius Mencucini yang didampingi oleh dua orang apstor yaitu pastor paroki Sekadau, Kristiaus dan Pastor Jhon.. Acara peremsian dan pemberkatan dirangkai dengan menerima sakramen krisma.

Acara tersebut dihadiri oleh puluhan umat dari Stasi tabai mulai dari anak-anak hingga dewasa yang menggunakan seragam hitam putih. (tjo)