Sekilas Info

Satpol PP dan Damkar Sintang Gelar Atraksi

SINTANG | SenentangNews.com

SINTANG | SenentangNews.com – Sejumlah atraksi dipertontonkan oleh anggota Satuan Polisi Pamong Praja serta Pemadam Kebakaran di lapangan Makodim 1205/Stg, Senin (10/4).

Atraksi tersebut digelar usai upacara peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-67, HUT Pemadam Kebakaran yang ke-98, Perlindungan Masyarakat ke-55 dan Otonomi Daerah yang ke-21.

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja mempertunjukkan atraksi bela dirinya yang akan digunakan jika mendapatkan gangguan saat melaksanakan tugasnya di lapangan. Sementara itu, anggota dari Pemadam Kebakaran mempertunjukkan atraksi dengan mengggunakan gas elpiji tiga kilogram serta mengedukasi bagaimana cara mematikan api yang aman.

Bupati Sintang, Jarot Winarno yang juga merupakan irup dari upacara peringatan HUT tersebut  meminta Satuan Polisi Pamong Praja untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga semangat kebhinekaan.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja yang telah memberikan perlindungan serta pelayanan kepada masyarakat, kedepan, saya berharap Satpol PP dapat menampilkan wajah kemanusiaan secara lebih khususnya ketika melakukan penertiban,” ujarnya ketika ditemui usai pelaksanaan upacara peringatan HUT tersebut.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada anggota dari Pemadam Kebakaran karena sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran sangatlah mulia. Tidak hanya memadamkan bangunan yang terbakar saja, tetapi juga memadamkan hutan bahkan juga menyelamatkan nyawa orang lain dari berbagai kejadian,” tukasnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Martin Nandung berharap dengan adanya momentum ini, Satpol PP, Damkar, dan Linmas bisa lebih berperan lebih aktif dan berperan lebih besar kedepannya untuk mampu hadir di tengah-tengah masyarakat dan bisa mampu mengemban tugas yang telah diberikan oleh pemerintah kepada masing-masing anggota dari satpol PP, damkar dan Linmas.

“Kedepannya kita akan melaksanakan kegiatan pembenahan internal, akan terus meningkatkan profesionalitas baik itu Satpol PP, Damkar dan Linmas dalam halnya melayani performa yang terbaik untuk masyarakat, kami juga akan membangun sinergisitas antara pihak Pemerintah

bersama masyarakat, kita ingin momok negative masyarakat terhadap satpol PP yang kejam itu dihilangkan dan agar dapat mendekatkan lebih ramah kepada masyarakat dengan melakukan pendekatan persuasive sebagai mitra masyarakat dan memberikan materi pemahaman tentang bagaimana tugas pokok fungsi dari Satpol PP, damkar dan linmas,” tuturnya. (uli)