Sekilas Info

Sudah Dibangun, Dermaga Sungai Ayak Belum Difungsikan

SEKADAU | SenentangNews.com- Dermaga penyeberangan di Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir sampai saat ini belum juga difungsikan. Pembangunan dermaga dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama untuk dermaga di Sungai Ayak, sedangkan tanap kedua pembangunan dermaga di Sunyat.

Meski belum difungsikan, namun kondisi bangunan dermaga sudah mulai menurun, khususnya dermaga yang berposisi di Sungai Asam. Hal ini cukup disayangkan, mengingat tidak sedikit anggaran yang dikucurkan untuk membangun fasilitas umum tersebut.

Pantauan di lapangan,beberapa tiang penyangga dermaga nyaris miring. Selain itu, ada juga beberapa tiang yang cor betonnya sudah tergerus, diduga akibat terjangan air sungai dan hantaman kayu yang hanyut.

"Sangat disayangkan karena dermaga itu belum juga difungsikan, padahal pembangunannya sudah selesai. Apalagi kondisi bangunan mulai rapuh. Kita khawatir dermaga sudah rusak sebelum digunakan," ujar sekretaris Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi.Republik Indonesia (GNPKRI) Kabupaten Sekadau, Sudarno (6/4).

Darno berharap pihak terkait melakukan pemeriksaan kondisi dermaga,bahkan kalau perlu melakukan audit oleh pihak berwenang.

"Kalau bisa secepatnya pihak terkait memfungsikan dermaga tersebut. Namun, tetap harus mengutamakan faktor keselamatan.b karena melihat kondisi Dermaga saat ini, jika nanti sudah dsoi fungsikan kemudian dilalui kendaraan berat, maka di kwatirkan Dermaga itu ambruk. Karena di makan usia lagi pula kontruksi bangunan sangat di ragukan, ungkapnya (tjo)