Sekilas Info

Gultom: Penataan Pemukiman Kumuh di Sintang Segera Dilakukan

Elisa Gultom

SINTANG | SenentangNews.com- Kabupaten Sintang kini menjadi daerah yang berkembang. Pertambahan penduduk disertai dengan berdirinya pemukiman baru terus tumbuh di daerah ini.

Menurut Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sintang Elisa Gultom mengatakan pihaknya terus melakukan pendataan terhadap rumah-rumah warga berpenghasilan rendah tak layak huni di Kabupaten Sintang.

“Kita lihat saja di daerah sungai durian, dimana penduduknya sudah sangat padat sekali. Untuk itu kita akan segera menginventarisir untuk dilakukan pemetaan mana saja yang dikatagorikan rumah layak huni,”kata Gultom dikantornya, Kamis (6/4).

Gultom menegaskan pentingnya penyusunan rencana pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan pemukiman ini harus segera dilakukan mengingat Kabupaten Sintang menjadi daerah yang berkembang dengan sebaran penduduk yang tidak merata disertai dengan perkembangan pembangunan yang begitu cepat.

“Ini harus di tata dengan baik sehingga kedepannya Kabupaten Sintang ini tidak terkesan kumuh, kalau sudah kumuh kan tidak enak dilihat,”kata mantan Kadis Kehutanan dan Perkebunan ini.

Disamping itu dikatakan Gultom ada beberapa kawasan kawasan yang perlu mendapat perhatian. Mulai dari penetapan kawasan kumuh, maupun penetapan beberapa kawasan yang diharapkan tidak bertentangan dengan rencana detail tata ruang yang sudah disusun terdahulu.

“Kita kan sudah ada RDTRnya, nah disitu nantinya akan terlihat mana saja daerah yang dikatagorikan padat penduduknya dan kumuh,”tukasnya. (bny)