Sekilas Info

Kapolres Sintang Minta Masyarakat Jangan Percaya Dan Sebar Berita HOAX

SINTANG | SenentangNews.com

SINTANG | SenentangNews.com – Kapolres Sintang, AKBP Suharjimantoro meminat kepada masyarakat untuk tidak segera mempercayai berita yang disebarkan di media sosial. Hal itu diungkapkannya kepada sejumlah media yang ditemui di Polres Sintang beberapa waktu lalu.

Ia meminta kepada masyarakat khususnya kepada pengguna media sosial untuk tidak langsung mempercayai dan menyebarkan berita yang ada sebelum mengecek kebenarannya.

“Jangan menyebarkan berita yang belum tentu dapat dipercaya. Banyak sekali berita yang disebarkan dari media sosial yang terkadang lebih banyak bersifat katanya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, jika disebarkan, nanti akan menimbulkan keresahan sendiri di masyarakat,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk menjadi masyarakat modern yang cerdas sehingga dapat menyaring informasi yang didapatnya.

“Jadilah masyarakat yang cerdas, jangan mudah percaya dengan “katanya” yang disampaikan oleh orang lain maupun media elektronik atau bahkan media cetak. Buktikan kebenarannya dulu sebelum menyebarkannya, kalau langsung disebarkan, dampaknya kepada masyarakat besar. Contohnya berita penculikan anak yang ada di Kabuapten Sintang, itu jelas berita HOAX, dampaknya juga banyak seperti orangtua yang memiliki anak tak tenang pergi bekerja karena khawatir anaknya diculik dan masih banyak dampak lainnya,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan jika memang masyarakat ada yang menjadi korban atau menemukan adanya tindak kejahatan dapat segera melaporkan diri ke Polres Sintang atau ke Polsek terdekat.

“Tidak ada penculikan, itu HOAX !!! Sampai saat ini belum ada laporan penculikan yang ditangani Polres Sintang. Jika memang ada, segera laporkan, kami akan segera melakukan penyelidikan dan mengungkap kasus tersebut. Sekali lagi, masyarakat jangan menyebarkan berita yang hanya membuat masyarakat menjadi resah,” tukasnya. (uli)