Sekilas Info

Anggota Dewan Sintang Ikut Sosialisasi Tax Amesti

Sosialisasi Tax Amesti di Kantor DPRD Sintang

Sosialisasi Tax Amesti di Kantor DPRD Sintang

SINTANG | SenentangNews.com- Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang bersama sejumlah anggota lainnya mengikuti sosialisasi amnesti pajak (Tax Amnesty) yang dilakukan oleh Kantor Pelayana Pajak (KPP) Pratama Sintang, di Kantor DPRD Sintang, Rabu (29/3).

Wakil ketua DPRD Sintang Tery Ibrahim yang ikut memimpin pelaksanaan sosialisasi tax amnesty menyebutkan, diundangnya KPP Pratama Sintang ini bertujuan untuk menjelaskan hal-hal terkait amnesti pajak kepada anggota DPRD agar dapat disosialisasikan kembali kepada masyarakat di bumi Senentang.

”Sebabgai wakil rakyat kita punya kewajiban untuk menyukseskan program pengampunan pajak yang digagas pemerintah. Apalagi dengan sosialisasi ini, kita juga jadi mengerti,”kata Tery.

Sebelum mengikuti sosialisasi tersebut, lanjut Tery banyak anggota DPRD yang tidak membuat Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak, karena merasa telah difasilitasi oleh pegawai di Sekretariat DPRD.

“Karena kita tahunya tiap bulan gaji kita dipotong. Jadi dipikir sudah dipotong pemerintah, berarti sudah. Ternyata tetap harus membuat SPT untuk dilaporkan,” ujarnya politikus Partai Nasdem ini.

Politisi Ketungau ini mengharapkan setelah mengikuti sosialisasi ini, seluruh anggota DPRD Sintang juga ikut program tax amnesty.

“Saya harap teman-teman juga ikut menyukseskan program ini manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam kegiatan sosialisasi ini, sehingga semua peserta paham dan mengerti hal-hal penting terkait perpajakan,”tukasnya.

Sementara itu Kepala KPP Pratama Sintang Subandono Racmadi menyambut baik keinginan Anggota DPRD Sintang yang ingin mengetahui secara mendalam hal-hal terkait amnesti pajak.

”Mari kita bersama-sama belajar tentang pengampunan pajak, sehingga pengetahuan tersebut dapat disosialisasikan kembali kepada masyarakat luas,” katanya.

Dikatakannya pengampunan Pajak atau Tax Amnesty sendiri adalah program pengampunan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada wajib pajak yang meliputi penghapusan pajak terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan serta penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015.

Karenya Subandono mengajak sekaligus mengimbau semua wajib pajak, pemegang NPWP, terutama para bupati/wali kota, anggota DPRD dan seluruh ASN, serta para pelaku usaha di Sintang untuk segera mengikuti tax amnesty dengan menyampaikan surat pernyataan harta.

“Saya imbau agar taat membayar pajak atau mengikuti tax amnesty. Sebab dari pajak yang dibayar nantinya akan kembali dinikmati masyarakat melalui pembangunan infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah baik pusat maupun daerah,” pungkasnya. (bny)