Sekilas Info

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Sekadau Ajak Lestarikan Hutan

SEKADAU | SenentangNews.com – Bupati Sekadau, Rupinus menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk membudayakan gaya hidup sehat dan berhemat dalam menggunakan air. Hal itu diungkapkannya pada acara Peringatan Hari Air Sedunia yang digelar oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sirin Meragun di lapangan E. Jelantu.

“Manfaatkan air seefisien mungkin, matikan keran jika memang tidak digunakan. Bekas mencuci bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Dan ingat, jangan lupa bayar rekening air tepat waktu agar tak dikenakan denda,” ujarnya.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Direktur PDAM Sirin Meragun, ia meminta kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan yang merupakan salah satu sumber air.

“Sesuai dengan tema yang kita yaitu “ Tanpa Air Bersih, Hidupmu Kurang Aman,” maka pada kesempatan ini saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bisa menggunakan air bersih dengan seefisien mungkin. Tak hanya itu, saya juga berharap kita semua dapat menjaga kelestarian hutan yang merupakan salah satu dari sumber air,” katanya.

Menurutnya, hampir 80 % limbah manusia masih dibuang ke sungai sementara hingga saat ini, sungai masih menjadi salah satu sumber air  yang menjadi kebutuhan vital dalam kehidupan manusia. Untuk itu, kedepannya, ia akan mencanangkan program untuk membersihkan kawasan sungai yang ada di Kabupaten Sekadau.

“Bila tidak disikapi dari sekarang, maka kedepannya kita akan sulit mendapatkan air bersih lagi. Untuk itu, saya berharap kita semua dapat saling membantu menjaga sumber air bersih yang ada di Kabupaten Sekadau karena pada dasarnya itu sulit terwujud tanpa ada kerjasama yang baik dari seluruh elemen,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, ia juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Sekadau yang telah berperan penting dalam perkembangan dan kemajuan PDAM Sirin Maragun selama ini.

“Kami bukan apa-apa tanpa bantuan dari Pemerinah Sekadau, untuk itu, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau yang telah berperan penting dalam perkembangan dan kemajuan PDAM Siri Maragun selama ini,” tukasnya.

Peringatan Hari Air Sedunia di Kabupaten Sekadau ini bekerjasama dengan Bank Kalbar dengan mengadakan kegiatan jalan sehat yang disediakan sejumlah doorprize untuk dibagikan kepada peserta senam yang beruntung.

Pada kesempatan ini, hadir pula Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, plt Sekda Sekadau, Gondokusumo, Wakil Ketua DPRD Sekadau, Jefray Raja Tugan, OPD Pemkab Sekadau, TNI, PLRI, pelajar dan sejumlah masyarakat lainnya. (tjo)