170 Personil Amankan Pentahbisan Uskup Sintang

266

SINTANG | SenentangNews.com – Sebanyak 170 personil baik dari TNI, Brimob Sub Den II Pelopor Pandan, Polres Sintang akan mengamankan kegiatan pentahbisan Uskup Sintang, Mrg Samuel Oton Sidin yang akan berlangsung di Stadion Baning Sintang, Rabu (22/3). Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Sintang, AKBP Suharjimantoro saat menjadi irup apel kesiapan pengaman pentahbisan Uskup Sintang di halaman Mapolres Sintang yang terletak di Jalan DR Wahidin Sudiro Husodo Sintang pagi ini pukul 09.00 WIB, Selasa (21/3).

Ia mengungkapkan apel tersebut digelar dengan tujuan untuk melakukan pengecekan secara langsung kesiapan personil yang dilibatkan dalam pengamanan pentahbisan Uskup Sintang yaitu Mrg Samuel Oton Sidin yang akan berlangsung pada esok hari, Rabu (22/3) di Stadion Baning Sintang.

“Kegiatan pentahbisan Uskup Sintang dari Mrg Agustinus Agus kepada Samuel Oton Sidin akan dipusatkan di Stadion Baning Sintang. Kita akan melakukan pengamanan dengan sebaik mungkin sehingga kegiatan pentahbisan Uskup Sintang bisa dilaksanakan dengan lancar dan tanpa gangguan apapun, terlebih lagi, kegiatan ini tak setiap tahun diselenggarakan,” ujarnya.

Ia juga menekankan kepada seluruh anggota yang terlibat pengamanan agar dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab. Ia juga menekankan kepada anggota yang sudah diploting pada lokasi yang sudah ditentukan agar selalu waspada bahkan terhadap hal sekecil apapun agar tidak mengganggu kegiatan pentahbisan tersebut.

“Setiap lokasi kegiatan ada perwira pengendalinya, anggota harus segera melaporkan kepada perwira pengendali jika menemukan kendala sekecil apapun saat di lapangan agar bisa segera di atasi,” tegasnya.

Kabag Ops Polres Sintang, Kompol Edi Haryanto menyampaikan rangkaian kegiatan pentahbisan Uskup Sintang yang dimulai pada hari ini, Selasa (21/3) hingga Rabu esok (22/3).

“Kegiatan dimulai pada hari ini yaitu penyambutan tamu VIP Vatikan di Bandara Susilo Sintang dan beberapa kegiatan lainnya. Intinya, semua kegiatan akan kita amankan dan kita lakukan sterilisasi dengan harapan kegiatan pentahbisan Uskup Sintang dapat berlangsung lancar dan sesuai dengan yang telah dijadwalkan,” paparnya.

Kegiatan pentahbisan Uskup Sintang sendiri akan dihadiri oleh Duta Besar Vatikan yaitu Mrg Antonio Guido Fillivazi serta 27 uskup dari keuskupan dan dua uskup emiritus (sudah pensiun) serta tamu undangan yang berasal dari wilayah Kalimantan Barat maupun luar Kalimantan Barat.

Diperkirakan, akan ada ribuan warga yang berasal dari Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Kapuas Hulu juga Kabupaten Sekadau maupun Kabupaten Sanggau akan hadir pada acara pentahbisan Uskup Sintang. Untuk itu, pengamanan tersebut juga melibatkan personil dari Polsek terdekat sehingga bisa mengcover kegiatan tersebut. (uli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here