Sekilas Info

Hardoyo: Jangan Hanya Fokus Dalam Kota Saja

Telan Dana 5,5 Miliar, Jalan Dalam Kota Sintang Bakal Enggak Rusak Lagi

SINTANG | SenentangNews.com-

SINTANG | SenentangNews.com- Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Pekerjaan Umum menjanjikan tahun ini, jalan yang berlubang di dalam kota Sintang akan segera diperbaiki. Apalagi kondisinya saat ini sudah banyak yang memprihatinkan.

”Kita akan melihat yang mana sangat mendesak, artinya jalan yang tergenang air setiap kali hujan turun dan mengalami kerusakan parah. Ini prioritas yang akan kita perbaiki,” kata Sekataris Dinas PU Sintang Mursalin kemarin.

Saat ini, kata Mursalin, ada sejumlah jalan dalam kota yang kondisinya memprihatinkan, diantaranya Jalan Brigjen Katamso, Jalan Di Panjaitan, Jalan Kolonel Sugiono, PKP Mujahidin, Jalan Siliwangi, Jalan Tengku Umar, Jalan Wiyata dan Jalan Dara Juanti.

”Kita tetap konsen dalam memperbaiki jalan di dalam kota yang mengalami kerusakan. Tahun 2017 ini ada delapan ruas jalan dalam kota yang akan kita perbaiki, jadi kita harapkan masyarakat bersabar,”kata Mursalin.

Menurut Mursalin, dana untuk perbaikan dalam kota sebesar Rp 5,5 miliar. Dana tersebut bersumber dari dana DAK 2017 yang akan digunakan untuk perbaikan sekitar delapan ruas jalan dalam kota.

“Jadi delapan ruas jalan ini merupakan jalan skala prioritas yang akan di kerjakan Dinas PU. Kita pastikan jalan dalam kota Sintang tidak ada yang kuning-kuning lagi,”katanya.

Peningkatan jalan dalam kota ini, lanjut Mursalin dipastikan berdampak kepada aktivitas masyarakat. Sehingga pihaknya juga mengharapkan kerja sama dari masyarakat, khususnya yang bermukim di sepanjang jalan dikerjakan untuk memberikan dukungan penuh. Sehingga apa yang dilaksanakan dalam selesai sesuai dengan harapan.

“Aktivitas masyarakat pasti akan terganggu dan kami berharap kerja samanya. Jika ada yang perlu disampaikan lakukan bertahap melalui RT maupun kelurahan yang nanti diteruskan ke instansi kami,” katanya.

Terpisah anggota DPRD Sintang Hardoyo, menyambut baik perbaikan delapan ruas di dalam kota. Menurutnya perbaikan tersebut perlu direalisasikan segera. ”Kami mendukung penuh apa yang menjadi program dinas PU Sintang terhadap penanganan didalam kota,”katanya.

Politisi PKPI ini meminta kepada Dinas PU Sintang untuk tidak fokus di dalam kota saja. Perbaikan ruas ruas jalan antar kecamatan juga harus menjadi perhatian serius oleh dinas PU Sintang.

“Kalau kita mau jujur masih banyak infrastruktur fisik di daerah dipedalaman membutuhkan pembangunan, seperti jalan antar desa di Kecamatan kayan Hilir yang masih sulit dilalui sehingga membuat pengendara sulit ketika melintasi jalan tersebut. Padal akses jalan yang baik sangat diperlukan masyarakat dalam mencapai taraf kehidupannya,"katanya.

Menurutnya, majunya pembangunan infrastruktur didaerah harus diawali dengan pembangunan struktur fisik jalan. “Saya berharap tidak ada ketimpangan pembangunan di Sintang Ini. Pembangunan yang tidak merata akan memberikan sudut pandang berbeda tersendiri bagi warga,”tukasnya (bny)