Sekilas Info

Jembatan Darurat Sungai Ayak Tuai Kritikan

SEKADAU | SenentangNews.com - Jembatan sementara sebagai sarana penghubung dari pasar Sungai Ayak ke Tapang Pulau di kampung Baru desa Sungai Ayak i kecamatan belitang hilir.

Jembatan Sementara tersebut dibangun oleh menejemen PT. Parna Agromas beberapa waktu lalu, kini jembatan tersebut dinilai kurang memadai sehingga sampai sekarang belum di fungsikan, kata Ajan warga setempat kepada media kemarin.

"Saya sangat menyesalkan pembangunan jembatan sementara tersabut,pasalnya malah warga yang mengunakan sampan tidak bisa lewat di situ kecuali kalau kemarau. Kecuali musim kemarau, baru bisa lewat air sungai dangkal gorong-gorong jalan masih bisa dilewati. Sehinga kami bisa jalan. Tapi kalau hujan kami tidak bisa lewat,sampan kami nyangku gorong-gorong," tukas Ajan.

Hal yang sama juga dikatakan Ramlah janda satu anak, warga dusun sepantak, ia mengatakan kalau sekarang masih bisalah saya lewat pergi ke kebun tapi kalau air sungai naik setengah meter saja, sampan saya sudah tidak bisa lewat di bawah gorong-gorong tersebut dan saya tidak bisa pergi pergi noreh lagi, lantas saya mau makan apa, ungkapnya dengan nada kecewa.

"Kalau air pasang sampan saya tidak bisa lewat. Dan saya mau pergi ke kebun mengunakan sampan jelas tidak bisa, mau pakai motor darat motor tidak punya. Lagipula jalan ke kebun saya hanya bisa ditempuh mengunakan sampan," ungkap Ramlah.

Berdasarkan pantauan dilapangan mengenai keluhan warga tersebut memang benar, bahwa jembatan sementara yang menggunakan gorong-gorong dan ditimbun tanah,sangat menganggu,saolnya jalur sungai terputus.

Anehnya kenapa sungai selebar kurang lebih 20 meter tersebut harus di timbun tanpa memikirkan masyarakat sekitar yang berlalu lalang di sungai itu. Soalnya sungai tersebut merupakan jalur umum untuk masyarakat sekitar mencari nafkah.

Lain halnya yang di katakan Maneger perusahaan PT.Parna Agromas melalui staf humas Simon Piet saat di temui di ruang kerjanya terkesan menghindar saat di temui Wartawan.

Simon mengatakan, pembangunan jembatan darurat tersebut merupakan permintaan dari pemerintah setempat, tapi mengenai teknis saya tidak tahu, dan keberadaan saya di sana hanya di perintah atasan
untuk membantu mengawasi pekerjaan saja kilahnya.

Camat belitang Hilir Paulus Misi S.pd saat di temui di ruang kerjanya mengatakan dalam proses pembangunan jembatan tersebut, semua pihak sudah kita kordinasikan, cuman mengenai fisik semua terkendala masalah anggaran di karenakan pembuatan jembatan sementara tersebut murni anggarannya dari perusahaan kebun kelapa sawit yang ada di tiga belitang, jadi dalam hal pembangunan kita hanya membantu memfasilitasi, "kata Misi (tjo)