Sekilas Info

PETI Masih Marak di Sekadau Hilir

SEKADAU | Senentangnews.com-

SEKADAU | Senentangnews.com- Kegiatan Pertambangan Emas Tanpa  Ijin (PETI) rupanya masih marak di kecamatan sekadau hilir. Kegiatan tersebut tersebar di beberapa tempat yakni Semoang, Tanjak Dait, Teribang, Peniti dan Amak, semuanya tidak mengantongi ijin resmi dari Pemerintah dalam hal ini Dinas Pertambangan, kata Liban salah seorang warga yang mengkritisi keberadaan PETI.

"Kegiatan tersebut tetap saja mengangu warga. Terutama air kapuas yang sudah mulai tercemar mercuri. Belum lagi, kerusakan Lingkungan akibat PETI. Anehnya kegiatan tersebut sepertinya sudah terkordinir dengan baik. Bahkan siapa yang masukan BBM jenis Solar untuk mesin dompeng, juga sudah terkordinir dengan rapi. Hal ini tentu merugikan kami sebagai warga yang berada di bantaran sungai Kapuas," kata Liban.

Dengan tegas ia meminta agar pihak terkait, untuk melakukan penertiban. Sebab, kegiatan tersebut sudah sangat jelas melanggar UU 04 tahun 2009 tentang pertambangan. Jadi, kalau memang aparat engan bertindak biarlah kami warga yang bertindak, pintanya

Sekali lagi, ia meminta kalau kegiatan PETI tersebut tidak berada diwilayah Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR). Jadi,dengan adanya kegiatan ini di sinyalir  hanya beberapa oknum saja yang meraup keuntungan. Disisi lain daerah dan negara yang di rugikan karena tidak ada ijin resmi, pungkasnya (tjo)