Sekilas Info

RAM Pilih Ketua Baru, Bupati Minta RAM Berkontribusi Untuk Sekadau

ramnSEKADAU | SenentangNews. Com- Ketua Umum Dewan Adat Dayak yang juga Bupati Sekadau Rupinus mengukuhkan pengurus Paguyuban Rukun Ayung Mualang (RAM) Kabupaten Sekadau Priode  2016 - 2019 di Gedung Ketaketik, Kota Sekadau, belum lama ini.
Kegiatan yang merupakan perkumpulan Dayak Mualang itu di hadiri, Bupati dan Wakil Bupati Sekadau, Ketua GOW Kabupaten Sekadau Vixtima Heri Supriyanti, Bupati Sekadau periode 2005-2010 dan 2015 Simon Petrus,S.Sos,M.Si, bersama istri Scolastika Simon Petrus dan tokoh masyarakat Mualang, bersta serseluruh warga Mualang di Kabupaten Sekadau.
Bupati Sekadau Rupinus ditengah acara pengukuhkan pengurus RAM mengatakan, RAM merupakan bagian dari bangsa Indonesia  dan Kbaputen Sekadau, yang juga bisa memberikan kontribusinya untuk ikut membangun Kabupaten Sekadau dilakukan dari berbagai bidang sesuai dengan kemampuan dan ahlinya masing - masing.
“Saya mengucapkan selamat Kepada Aloysius, sebagai ketua RAM, dan  kepada pengurus yang sudah dikukuhkan. Mari berkontribusi untuk membangun Sekadau yang maju, mandiri dan berdaya saing,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua Umum RAM Kabupaten Sekadau terpilih Aloysius, SH.M.S.i mengatakan, RAM dibentuk pada tahun 2005 lalu oleh sembilan hingga 10 orang mualng di Kabupaten Sekadau. Saat itu, kata dia, Kabupaten Sekadau baru dimekarkan sehingga pada tahun 2011 didaftarkan ke Kesbangpol untuk disahkan didaftarkan ada di Kabupaten Sekadau.
“RAM merupakan perkumpulan masyarakat Dayak Mualang, yang tergabung dari mualang hilir dari kecamatan Belitang Hilir, dan Nanga Belitang, Kecamatan Belitang, Mualang hulu, dari Belitang Hulu, di Kabupaten Sekadau, ” Ujar Aloy yang juga Putra Balai Sepuak Belitang Hulu itu.
Sebagai Ketua Umum RAM, Aloy juga berharap dukungan dari seluruh Kabuapaten Sekadau khususnya masyarakat Mulang. Tidak lupa, kata dia, RAM juga menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa serta kebenikha tunggal ika.
“Saya berharap RAM dapat menempatkan diri untuk ikut serta memabngun Kabupaten Sekadau. Kami sangat bersyukur banyak hadir tokoh Mualang, tentunya masukan juga kami harapkan RAM bisa membangun koordinasi yang kuat meneruskan cita-cita tokoh Mualang, dan maju bersama-sama dengan rekan-rekan yang lain,” timpalnya.
Sementara Dewan Pembnina satu RAM Simon Petrus, S.Sos, M.Si, yang juga mantan Bupati Sekadau dua priode itu mengatakan, RAM harus seiring dengan pemikiran pemerintah daerah dan RAM harus bisa ikut untuk mengisi dalam  pembangunan yang ada membantu pemerintah daerah.
“Saya yakin orang-orang spesial ini datang bukan karena dipanggil tapi karena terpanggil untuk meneruskan organisasi ini,ini kerja sosisl untuk itu saya pesan urus benar bener organisasi ini,  peran serta membagun Kabupaten Sekadau sangat saya harapkan” yakinnya.
RAM, kata Simon , harus bisa menampilkan jiwa sosial untuk bahu membahu membantu sesama. Ia juga berharap, RAM menjalin dan menjaga hubungan baik serta harmonis dengan lembaga adat lainnya.
“Ini sudah menjadi kewajiban kita, tapi juga kewajiban lembaga. Saling bahu membahu dan saling mengerti satu sama lain,” pungkas Bupati Sekadau periode 2005-2010 dan 2010-2015 itu. 
Adapun Susunan Pengurus  hasil tim formatur pemilihhan memutuskan dan menetapkan
Dewan  Pembuna: Simon Petrus, S.Sos,M.Si. P. Cristianus CP. Welbertus Welly. Ketemengungan: Herman Harun, Pdt. Daud Hovel, Martinus, S.Sos, Peternus, Musa.A. Juku, Kalitus Gasi, Markus, Sibar Ambrosius.
Nama –Nama Pengurus Inti: RAM  Ketua: Aloysius, Wakil Ketua: Yapet Simon, SH, Albinus, S.Pd, Lensen Silas, Yok Kelak, ST. Radius, SH. Lusiuas Hendro, SE. Cy. Bambang Wirawan Basri, A.Md.Fran Dawal, SE.ditambah bidang - bidang  kepengurusan lainnya. (tjo)