Sekilas Info

Jarot: Semangat Kemerdekaan Momentum Membangun Sintang

13925400_1344680668883040_7075578949173338059_nSINTANG | SenentangNews.com-Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Sintang berlangsung dengan khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Sintang Jarot Winarno, di stadion Baning Sintang, Selasa (17/8).

Wakil Bupati Sintang Askiman, jajaran forkorpimda, pejabat SKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, Sultan Sintang, serta mantan Bupati Sintang Milton Crosby tampak hadir mengikuti upacara. Tidak ketinggalan ramai masyarakat yang sengaja datang ke stadion untuk menyaksikan upacara pengibaran bendera.

Sementara bertindak sebagai komandan upacara yakni Ajun Komisaris Ryan Hutagalung, kepala satuan lalu lintas (Kasatlantas) Polres Sintang. Dengan perwira upacara Kapten Inf Slamet, Danramil Kelam sementara itu Ketua DPRD Sintang Jefray Edward dinobatkan membacakan proklamasi kemerdekaan.

Bupati Sintang Jarot Winarno ditemui selepas upacara mengatakan,mengajak seluruh masyarakat Sintang untuk bersatu padu mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal positif yang mampu memacu ekselerasi pembangunan. “Hal ini tentu sejalan dengan tema HUT RI tahun ini, ayo kerja.,"kata Jarot.

Ia juga mengajak masyarat untuk bersama-sama terlibat dalam pembangunan daerah . Keterlibatan masyarakat manurut Jarot sangat sejalan dengan prinsip perjuangan pahlawan bangsa yang memegang teguh prinsip kebersamaan demi meraih kemerdekaan dari penjajahan. “Pemerintah dan masyarakat harus sama-sama saling bekerjasama supaya pembangunan yang kita harapkan bisa berjalan maksimal.

Bupati sendiri ikut merasakan, seiring sudah 30 tahun di Sintang, dengan mengawali tugas di daerah pedalaman. Dimana kini kondisi perbatasan sudah jauh berbeda. Pembangunan diperbatasan maju pesat. Kondisi demikian bukan sebatas angan-angan. Namun sudah menjadi kenyataan.

Bupati mengatakan, tiga hari sebelum perayaan HUT kemerdekaan berkunjung ke perbatasan,  ikut ambil bagian saat melepas tim touring pengibaran bendera  merah di perbatasan. “Beda dulu-dulu.  “Sentuhan pembangunan terasa di pelosok negeri,” kata Jarot.

Menurut Bupati tidak kalah penting dalam mengisi kemerdekaan yakni berpacu  meningkatkan kerja membangun negeri. Tidak cukup hanya dengan sebatas wacana atau dibicarakan. Namun mesti ditunjukkan dengan kerja keras dan kebulatan tekad. “Sekarang pas tema HUT Kemerdekaan “Kerja Nyata”. Jadi bukan lagi dengan banyak wacana,” kata Jarot.

terpisah Mantan Bupati Sintang Milton Crosby mengatakan kini sudah banyak pembangunan di Sintang. Karena itu, kemerdekaan perlu diisi dengan kekompakan guna membangun daerah menjadi lebih jauh maju.

Milton menambahkan kekompakan diperlukan agar dapat mempersatukan dalam memujudkan pembangunan yang berkeadilan bagi masyarakat. Supaya kehadiran serta kemajuan bangsa dapat dirasakan langsung semua masyarakat. Sementara unsur TNI/Polri, anak sekolah, guru, mahasiswa turut ambil bagian dalam kemeriahan HUT RI, dengan menjadi peserta upacara.

Penaikan sang saka Merah Putih di Kabupaten Sintang, lebih dulu tamu undangan dan masyarakat yang hendak menyaksikan jalannya upacara disuguhkan penampilan drama teatrikal aksi heroik warga pribumi Indonesia melawan penjajah, hingga akhirnya merebut kemerdekaan.(bny)