Sekilas Info

Ratusan Warga Binaan Lapas Sintang Kompak Nyanyikan Hari Merdeka

Penulis Berita: Yuli Fitryani

Penulis Berita: Yuli Fitryani

SINTANG | SenentangNews.com - 375 tahanan dan warga binaan di Lapas Klas II B Sintang serentak menyanyikan lagu wajib Nasional "Hari Merdeka" di halaman Lapas Klas II B Sintang, Senin (15/7).

Kalapas Klas IIB Sintang, Pudjiono Riadi mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan untuk pencatatan rekor MURI dengan melibatkan seluruh tahanan maupun warga binaan di seluruh Rutan dan Lapas yang ada di Indonesia.

"Kegiatan ini tersambung langsung dengan pusat menggunakan teleconference yang bertujuan untuk pencatatan rekor MURI yaitu menyanyikan lagu wajib Nasional "Hari Merdeka" dengan melibatkan seluruh tahanan dan warga binaan di Rutan maupun Lapas yang ada di Indonesia. Dengan ini diharapkan nilai nasionalisme penghuni lapas dapat semakin tinggi," ujarnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Kementerian Hukum dan HAM juga akan melakukan pencatatan rekor MURI permainan tero.pah pa Jang (Bakiak) dengan jumlah peserta terbanyak dengan melibatkan tahanan maupun warga binaan yang ada di Rutan maupun Lapas di Indonesia.

"Kita juga mengadakan lomba terompah panjang dengan melibatkan warga binaan maupun tahanan di Lapas Klas II B ini. Tujuannya agar kelestarian permainan tradisional ini tetap terjaga, menjaga kebugaran tubuh, juga mempererat tali silaturahmi antar sesama warga binaan maupu tahanan di lapas ini. Pemenangnya nanti akan kita umumkan usai upacara pemberian remisi pada tanggal 17 Agustus mendatang," jelasnya.

Sementara itu, Feri Hermawan, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Klas IIB Sintang mengungkapkan antusias warga binaan maupun tahanan di Lapas Klas IIB ini untuk turut serta ambil bagian dalam pencatatan rekor MURI dalam menyanyikan lagu Hari Merdeka cukup tinggi.

"Kita hanya latihan tiga hari dari sana dapat dilihat semangat mereka. Semoga dengan kegiatan seperti ini, rasa nasionalisme mereka juga semakin tinggi," tukasnya.(uli)