Sekilas Info

Arbudin: Peluang Bisnis Bercocok Tanam Dengan Hidropinik Menjanjikan

SINTANG | SenentangNews.com- Menanam dengan sistem hidroponik makin naik daun. Di Indonesia, penggiat hidroponik ini makin menjamur. Tak terkecuali di bumi Senentang. Jumlah penggiatnya terus bertambah, anggota komunitasnya pun ikut bertambah.

Penulis: Yuli Fitryani

Editor: Oktavianus Beny

SINTANG | SenentangNews.com- Menanam dengan sistem hidroponik makin naik daun. Di Indonesia, penggiat hidroponik ini makin menjamur. Tak terkecuali di bumi Senentang. Jumlah penggiatnya terus bertambah, anggota komunitasnya pun ikut bertambah.

baru-baru ini Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan (Distanakan) Kabupaten Sintang memberikan dukungan penuh untuk komunitas tanaman hidroponik yang ada di Kabupaten Sintang.

Kepala Distanakan Kabupaten Sintang, Arbudin Jauhari mengungkapkan menanam dengan hidroponik sendiri merupakan salah satu cara untuk berkreasi dengan cara memanfaatkan lahan kecil baik itu di teras rumah maupun di dinding rumah yang tentunya terkena paparan sinar matahari.

"Hari Minggu lalu (22/5), komunitas pecinta tanaman hidroponik memberikan sosialisasi bagaimana cara menanam dengan cara hidroponik. Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman,"katanya.

Cara bertanam dengan hidroponik ini lanjut Arbudin memang membutuhkan kreasi dari penanam sendiri namun bisa dilakukan ditempat-tempat atau rumah yang lahan untuk budidaya menggunakan tanah tak banyak, misalnya di teras rumah, dinding rumah bahkan atap rumah yang penting masih terkena sinar matahari," ujarnya.

Ia mengatakan dengan cara menanam hidroponik yang cukup mudah dilakukan, kebutuhan sayur yang sehat tanpa pestisida untuk keluarga dan berkualitas tinggi tentunya dapat terpenuhi.

"Saat ini, sayur yang ada di Pasar lebih banyak didatangkan dari daerah, nah, adanya sosialisasi ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat bagaimana cara menanam dan menghasilkan sayur yang sehat dan berkualitas tinggi untuk keluarga, bahkan jika dilakukan dalam jumlah besar maka bisa menghasilkan pendapatan sendiri.

"Ini peluang bagi Ibu Rumah Tangga (IRT) apalagi cara menanam hidroponik ini lebih mudah daripada cara menanam konvensional karena pupuknya bisa dibuat sendiri dengan menggunakan sampah sayuran. Saya sendiri sudah sejak lama menerapkan cara menanam hidroponik ini, hasilnya bagus dan tentunya kualitas lebih terjamin daripada sayur yang biasa kita beli," tukasnya.(uli)