Sekilas Info

37 Desa Di Kabupaten Sintang Siap Gelar Pilkades Serentak

Ilustrasi
Ilustrasi

SINTANG | SenentangNews.com-Sebanyak 37 Desa yang ada di kabupaten Sintang direncanakan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada Juli 2016 mendatang. hal tersebut dikatakan  Kepala Badan Pemerdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, Hotler Pajaitan belum lama ini.

“Jika tidak ada halangan pertengahan Juli 2016 Pilkades serentak akan berlangsung di Sintang,” kata dia, belum lama ini.

Hotler mengatakan, Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sintang telah diatur di Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pilkades.

“Sudah ada Perbupnya. Jadi, aturan dan mekanisme pelaksanaan telah diatur,” ungkapnya.

Menurut Hotler, ada 37 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak di tahun 2016 ini. “37 desa itu terdiri dari 11 Kecamatan yang ada di Sintang,” kata dia.

Hotler memastikan akan menyiapkan segala keperluan untuk pelaksanaan Pilakdes serentak itu. Meskipun demikian, setiap desa diwajibkan untuk menganggarkan pembiayaan dalam pelaksanaan pilkades melalui APBDes, maksimal Rp.10 Juta.

"Anggaran itu di peruntukan sebagai dana operasional Panitia dalam melaksanakan tahapan pilkades itu nantinya,”jelasnya

Sementara, untuk pencetakan surat suara yang diperuntukan pada Pilkades Serentak nantinya akan dibayai oleh Pemerintah Kabupaten Sintang melalui APBD. “ Pemerintah yang membiayai. Artinya, tidak dibebankan pada Pemerintah Desa untuk pencetakan surat suara Pilkades,” ujarnya.

Mnurutnya, Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tentu tidak di perkenankan lagi untuk memungut biaya pendaftaran dari para calon kades. "Artinya, para calon kades yang akan mencalonkan diri, tidak dipungut biaya lagi," tuturnya.

Berdasarkan UU bakal calon kepala desa paling sedikit 2 kandidat hingga  5 kadidat. “Ditetapkannya  2-5 kandidiat untuk mengindari calon tunggal dan calon terbanyak, karena Pelaksanaan Pilkades telah diatur di dalam UU dan Perbup yang ada saat ini,” ungkapnya (bny)

error: Content is protected !!