Sekilas Info

Plat Kendaraan Pejabat Di Sintang Berubah, Wabub 2 E, Ketua Dewan 3 E

Kurniawan

SINTANG | SenentangNews.com-Plat nomor kendaraan para pejabat di Kabupaten Sintang direncanakan akan berubah pada tahun 2016. Hal ini sesuai dengan Surat Peraturan Bupati Sintang  Nomor : 019/254/KEP-HUMPRO/2016 Tentang Penomoran Kendaraan Dinas Roda Empat Pejabat Sipil Kabupaten Sintang.

”Perbubnya sudah ada, bahkan perubahan nomor kendaraan dinas ini pun tidak ada masalah, semua  ikut menyesuiakan sesuai dengan keputusan bupati sintang,” kata Kabag Humas dan Protokol Sintang, Kurniawan, Rabu (13/4).

Salah satu plat nomor yang berubah adalah plat nomor dua yang tadinya digunakan untuk Ketua DPRD untuk ketentuan yang baru ini akan digunakan oleh Wakil Bupati Sintang. Sementara itu, Ketua DPRD akan memakai nomor tiga, Kejaksaan Negeri Sintang, 4 E, Ketua Pengadilan Sintang  5 E, Sekertaris Daerah Sintang , 6 E, Ketua Pengadilan Agama, 7 E dan Wakil Ketua DPRD Sintang, 8 E.

“Kita hanya menyesuaikan aturan yang ada. Karena, nomor kendaraan dinas kepala daerah khusus Gubernur, Bupati, Walikota itu diberikan nomor kendaraan 1. Sementara para wakilnya diberikan nomor 2 kendaraan dinasnya masing-masing,” jelas Kurniawan.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Sintang tidak sembarangan dalam melakukan perubahan nomor kendaraan dinas pejabat sipil di Sintang. Sebab, perubahan tersebut juga harus mengacu pada aturan yang ada serta dilapirkan dengan Perbub.  “Ini bentuknya hanya administratif saja, dan secara aturan  tidak ada masalah,” kata dia.

Disinggung mengenai nomor kendaraan dinas Ketua DPRD Sintang yang mana sebelumnya menggunakan nomor 2 E,  Kurniawan  mengatakan bahwa antara Pemerintah Sintang dan DPRD Sintang tidak ada mempermasalahkan hal tersebut. Hanya, dalam pemberian nomor kendaraan dinas telah diatur sesuai dengan perbubnya.

“Jadi sekarang Ketua DPRD Sintang menggunakan kendaraan dinas No 3 E, Kepala Kejaksaan Negeri Sintang, 4 E, Ketua Pengadilan Sintang  5 E, Sekertaris Daerah Sintang , 6 E, Ketua Pengadilan Agama, 7 E dan  Wakil Ketua DPRD Sintang, 8 E. Penetapan nomor kendaraan tersebut telah sesuai aturan yang ada,” jelasnya.

Untuk melaksanakan peraturan ini, pihak Pemda masih akan menunggu peraturan dari bupati Sintang dan kepolisisan. Oleh karena itu pihaknya berharap agar pemerintah daerah Sintang dapat melakukan sosialisasi ke seluruh instansi sehingga ada keseragaman.”tukasnya (bny)