Sekilas Info

Hamzah: Maksimalkan Peran Orang Tua Jelang UN

Hamzah Sopian

SINTANG | SenentangNews.com-Ujian Nasional (UN) untuk tingkat sekolah dasar SD/SMP maupun SMA sebentar lagi akan di laksanakan. Siswa seluruh Indonesia akan serempak melakukan UN untuk menentukan kelulusannya.

Kelulusan juga sangat tergantung kesiapan mental para siswanya. Selain persiapan yang memadai, dukungan orang tua sangat berperan untuk menunjang kelulusan siswa.

"Kita berharap para orang tua memberikan perhatian yang lebih menjelang UN ini. Perhatian yang lebih tentu akan membuat siswa lebih siap dalam menghadapi UN tahun ini," ujar Anggota DPRD Hamzah Sopian.

Menurut Politisi PAN ini, keluarga sebagai lingkungan terdekat sangat dibutuhkan perannya oleh para siswa untuk menghadapi UN. Orang tua diharapkan bisa menyiapkan segala keperluan bagi putra-putri nya, baik fisik maupun mental. "Ya pertama sarapan, buatkan kesukaan anak, kalau bisa saat sarapan didampingi.

Ingatkan anak akan segala perlengkapan untuk UN jangan sampai ada yang tertinggal, dan juga ingatkan agar istirahat yang cukup sebelum UN, ini penting bagi kesiapan mental murid, Untuk itu peran sekolah dan keluarga, dalam hal ini orangtua sangat penting.

“Jadi saya imbau bagi orangtua yang memiliki putra putri yang akan melaksanakan UN, harap diperhatikan betul putra-putrinya," imbuhnya

Dengan melihat tingkat kelulusan yang tinggi, Politisi Sintang I berharap selain peran aktif guru dalam memberikan pemahaman kepada siswanya, dan peran orang tua untuk selalu mengawasi mutu belajarnya. Dia juga berharap kepada para siswa untuk lebih intensif dalam memamahi pelajaran yang diberikan para guru di sekolah.

”Para siswa harus mengurangi kegiatan di luar kegiatan belajar, ini untuk mencapai keberhasilan,” pesan Pria yang biasa disapa bang Hamzah ini.(bny)