Kakan Pemdes Dituding Kampanyekan Caleg DPRD Sintang

501

IMG_5855Senentangnews-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Zainudin menyayangkan sikap Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat (Pemdes), Hendrika yang terang-terangan mengkampanyekan Caleg Dapil 4 dari partai Demokrat, Gregorius Igo.

“Saya menyampaikan hal ini karena masyarakat Desa Pengkadan Baru, Kecamatan Dedai memberitahukan mereka mendapat hadiah lomba yang didalamnya menyertakan foto Gregorius Igo. Ini namanya kampanye terselubung,” kata Zai pada Senentangnews, Minggu (2/2).

Zai mengaku mempunyai saksi terkait kampanye terselubung yang dilakukan Kakan Pemdes yang dibalut dengan bantuan untuk pemenang lomba kegiatan ibu-ibu.

“Saya siap difrontir mengenai bukti, kalau perlu sama-sama turun kelapangan. Supaya yang di sampaikan ini tidak dibilang fitnah,” katanya.

Ia mengatakan, program pemerintah yang masuk ke desa sudah seharusnya bebas dari kepentingan politik tertentu.

“Boleh saja memberikan bantuan atas nama instansi, tapi jangan dipolitisir, apalagi mengarahkan masyarakat untuk memilih caleg tertentu,” katanya.

Ia menilai, upaya Kakan Pemdes menyertakan foto Gregorius Igo dalam paket hadiah, merupakan bentuk pelanggaran terhadap disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Berdasarkan aturan, PNS dilarang berpolitik praktis. Menurut saya, tindakan yang dilakukan Kakan Pemdes sudah melanggar aturan yang dimaksud,” tegasnya.

Terkait pelanggaran itu, politisi Golkar ini meminta Bupati Sintang memberikan teguran pada kakan Pemdes yang melakukan kampanye terselubung.

“Bupati jangan tinggal diam ketika tahu ada PNS yang berpolitik, apalagi menggunakan bantuan dari lembaganya sebagai alat untuk melakukan kampanye,” kata dia.(bny)